Bawaslu Kota Malang Sosialisasikan Inovasi Program Pencegahan | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

Bawaslu Kota Malang Sosialisasikan Inovasi Program Pencegahan

Kamis, 21 April 2022

Sosialisasi Pengawasan Partisiaptif dengan pelibatan media massa yang dilaksanakan Bawaslu Kota Malang di Hotel Savana kota Malang, rabu 20/4/22. 


Alimmustofa.com - Pendidikan politik,demokrasi dan pengawasan pemilu kepada masyarakat merupakan bagian yang harus dilakukan pengawas pemilu menjelang pelaksanaan tahapan pemilu serentak tahun 2024 yang tinggal beberapa bulan lagi. Hal ini disampaikan ketua Bawaslu Kota Malang dalam rangkaian kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif pemilu dengan mengguandang elemen media massa di Hotel Savana Malang, rabu, 20/4/22.



"keberhasilan penyelenggaraan pemilu dan pengawasan pemilu tidak saja bertumpu pada penyelenggara pemilu, perlu element lain untuk mendukung upaya meningkatkan indeks demokrasi di pemilu ini yaitu dari unsur media," papar Alim Mustofa Ketua Bawaslu Kota Malang dalam sambutan pembukaan sosialisasai yang melibatkan media tersebut. 


" berkaca pada pemilu 2019 yang diwarnai berita-berita negative di media sosial seperti politisasi Sara, hoax, politik identitas ini akan memberikan contoh pendidikan politik yang kurang baik ke masyarakat. disinilah peran -peran kawan media untuk berkontribusi dalam meluruskan dan memberikan pendidikan yang positive dengan karya karya jurnalis yang mendidik," ujar Alim.


Beberapa program pendidikan yang digagas Bawaslu Kota Malang seperti Short Course Pengawasan Pemilu (SCPP), Kelas Pengawasan Pemilu (KPP) dan Sinau Jurnalis Demokrasi (SJD) merupakan upaya investatif yang dilakukan Bawaslu Kota Malang kepada masyarakat. Langkah -langkah pencegahan sebagaimana yang diperintahkan dalam undang-undang 7 tahun 2017 kemudian diterjemahkan oleh Bawaslu Kota Malang dalam bentuk program eduatif yang dalam pelaksanaanya menggandeng banyak pihak mulai dari kalangan akademisi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kalangan praktisi dan dari unsur penyelenggara sebagai tenaga pengajar, terang Alim yang juga mantan anggota KPU Kota Malang periode 2009 - 2014.


" Kami  Bawaslu Kota Malang menyampaikan salam hormat dan mengucapkan banyak terima kasih kepada teman-tenam media yang selama ini sangat membantu tugas-tugas Bawaslu Kota Malang dalam mengawal pelaksanaan pemilu mulai 2018 -2019, dan tahun ini kami mengajak semua elemen media untuk mengawal pemilu tahun 2024 yang tahapannya akan dimulai dibulan Juni tahun ini," ujar Alim.


Editor : A-Liem Tan