Sinau Jurnalis Demokrasi (SJD) | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

Sinau Jurnalis Demokrasi (SJD)

Selasa, 08 Februari 2022

 

Sinau Jurnalis Demokrasi (SJD) adalah program Divisi Pengawasan Dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu Kota Malang sebagai bagian dari Program Inovasi dalam rangka menumbuhkan semangat pengawasan partisiaptif melalui tulisan dengan tema seputar isu demokrasi dalam pemilu dan pengawasan pemilu.

Sinau Jurnalis Demokrasi (SJD)

Oleh : Alim Mustofa

Ketua dan Koordinator Divisi Pengawasan & Hubungan Antar Lembaga

Bawaslu Kota Malang

 

Alimmustofa.com – Informasi memegang peran strategis dalam pembangunan iklim demokrasi yang sehat, apalagi dengan kemajuan tehnologi informasi dan media sosial menambah peranan kuat dalam mempengaruhi isu publik berkaitan dengan isu-isu sosial,politik, demokrasi terutama dalam pemilu dan pengawasan pemilu. Ada pepatah yang menggambarkan  begitu pentingnya  informasi yang mempengaruhin terhadap peradapan dunia.


"Siapa yang menguasai dunia informasi, Dialah sesungguhnya yang akan menguasai dunia,"


Media sebagai bagian pilar demokrasi yang berfungsi sebagai penyimbang dan kontrol terhadap kekuasaan, bahkan melalui kekuatan informasi yang disampaikan media mampu mempengaruhi presepsi publik terhadap sesuatu kebijkaan pemerintah.


Media massa sendiri memiliki berbagai peran, salah satunya ialah dalam mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang maupun sekelompok orang ataupun masyarakat (Waziz : 2012;21).


Begitu strategisnya media dalam memberikan pengaruh kepada masyarakat, Bawaslu Kota Malang memandang perlu untuk mengambil peran media tersebut digunakan untuk pendidikan politik dan demokrasi terutama dalam Pendidikan pemilu dan pengawasan pemilu melalui pelatihan jurnalistik kepada simpul – simpul masyarakat baik itu ormas, mahasiswa, OKP dan kelompok masyarakat lainnya. 


Pembelajaran melalui kegiatan menulis dalam program “ Sinau Jurnalis Demokrasi “ dianggap hal yang strategis dilaksanakan dengan harapan akan menumbuhkan semangat pengawasan dan perhatian pada proses demokratisasi yang sedang berjalan dinegara ini, terutama dalam mengawal proses tahapan pemilu maupun pemilihan.


Kegiatan menulis tidak membutuhkan beaya yang besar, yang dapat dilakukan oleh siapa saja dari berbagai kalangan untuk menuangkan pokok pikiran berupa opini publik, atau berupa pemberitaan dengan konten khusus, atau  untuk melakukan edukasi terhadap masyarakat melalui sajian tulisan tentang nilai-nilai kebaikan dalam rangka mensuport terwujudnya iklim demokrasi yang berperadaban.


Target dari program SJD adalah terbentuknya simpul pengawasan/ simpul demoktasi yang menuangkan ide, opini, gagasan melalui tulisan baik di media online, media sosial dengan harapan dapat memberikan edukasi dan dapat mempengaruhi isu publik dalam pemilu dan pengawasan pemilu


Sasaran Program SJD adalah Kelompok mahasiswa/pelajar,Kelompok Muda (OKP,OMEK,Pegiat Demoktari/Pemilu), Kelompok Difabel/rentan dan Alumni SKPP, Alumni  Kelas Pengawasan Pemilu (KPP), Short CoursePengawasan Pemilu (SCPP).


Materi pembelajaran Sinau Jurnalistik Demokrasi (SJD) meliputi; Dasar-Dasar Jurnalistik, Menulis Berita : Berita Straigthnews, Berita Features, Berita Opini/Editorial, Kode Etik Jurnalistik dan Pemetaan Isue-isue Demokrasi dan Pemilu.

 

Editor : Alim Mustofa

UNDUH FORMULIR

https://bit.ly/34G8Kqf