Short Course Pengawasan Pemilu | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

Short Course Pengawasan Pemilu

Jumat, 14 Agustus 2020

 

Pembukaan Short Course Pengawasan dari kiri Erna Almagfiroh,ST Bawaslu Kota Malang, Nur elya Anggraeni,S.Sos.M.Si Bawaslu Jawa Timur, Alim Mustofa Ketua Bawaslu Kota Malang dan Andit Sentana Maulana Koordinator Sekretariat bawaslu kota Malang.

Malang - ShortCourse Pengawasan Pemilu sebuah program Pendidikan pengawasan pemilu maupuan pemilihan yang digagas oleh koordinator pengawasan Bawaslu Kota Malang dalam rangka penguatan masyarakat untuk melek pengawasan pemilu atau pemilihan.

Program yang dirancang singkat oleh Bawaslu bertujuan untuk memberikan Pendidikan gratis kepada seluruh elemen masyarakat yang berminat untuk mengenal pemilu dan pengawasan pemilu. Hal ini sangat penting mengingat peran masyarakat dalam mengawal penyelenggaraan pemilu berpengaruh terhadap proses penyelenggaraan pemilu yang berkualitas.

Bawaslu kota Malang telah membuka program Short Course Pengawasan Pemilu Angkatan pertama diikuti 7 orang peserta yang berasal dari mahasiswa Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang dari fakultas Syariah. Kelas kecil ini sengaja dirancang dengan batasan peserta antara 4 – 7 orang peserta saja.

Alim Mustofa, S.Sos.M.Ap Ketua sekaligus Koordinator divisi pengawasan dan hubungan antar Lembaga mengatakan “ iya program short course pengawasan, ini merupakan program yang dirancang terprogram dilaksanakan setiap bulan untuk satu Angkatan dengan durasi pembelajaran 14 - 20 jam. Secara tehnis dapat dilaksanakan salam 2 hari penuh atau 2 jam setiap hari selama 10 hari tergantung kespakatan,”.

Masih menurut Alim, Peserta yang dapat mengikuti program ini bisa dari semua kalangan mulai mahasiswa, siswa SMA, masyarakat umum. Proses pembelajaran dibuat nyaman dengan paparan dan diskusi tentang materi pemilu dan pengawasan pemilu.

“ pada sesi akhir penbelajaran, setiap peserta didik akan melalui ujian akhir sebagai evaluasi hasil pembelajaran sebelum diberikan serifikat pelatihan,” ujar Alim mantan komisioner KPU Kota Malang.

Pemateri short course pengawasan pemilu adalah semua pimpinan Bawaslu Kota Malang yang terdiri dari coordinator divisi pengawasan, koordinator divisi sengketa, koordinator divisi penanganan pelanggaran, koordinator divisi organisasi dan sumber daya manusia dan koordinator divisi hukum, humas datin.

Editor //  Alim Mustofa

Tautan // Rumah Hukum