Kuliah Pengawasan Pemilu Satu Semester di Bawaslu Kota Malang | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

Kuliah Pengawasan Pemilu Satu Semester di Bawaslu Kota Malang

Rabu, 18 Agustus 2021

 

Lounching Program Kelas Pengawasan Bawaslu Kota Malang (KPP) oleh Aang Kunaifi,SH.MH (tengah) Koordinator Pengawasan Bawaslu Jawa Timur didampingi Erna Almagfiro,ST Kordiv.SDM Bawaslu Kota Malang, Dr.Suciwati,SH.M.Hum dekan fakultas Hukum Unikama sebelah kanan dan Alim Mustofa Ketua, Andit Sentana Maulana Korsek Bawaslu kota  di hall sidang, 21/6/2021.

Alimmustofa.com – Pemilu dan pengawasan pemilu tidak saja menjadi momentum yang menarik dibahas saat berlangsungnya tahapan pemilu, akan tetapi issue ini juga sangat menarik ketika dilakukan pembahasan yang serius dalam kerangka akademik melalui kuliah pengawasan pemilu (KPP) selama satu semester dalam program pembelajaran merdeka belajar kampus merdeka (MBKM).

Kelas Pengawasan Pemilu (KPP) Bawaslu Kota Malang, merupakan program pembelajaran mengenai pengawasan pemilu dalam kerangka teori dan praktik untuk kalangan mahasiswa, semua jurusan khfakultas ususnya untuk fakultas hukum, sosial politik, fakultas Administrasi public/ administrasi negara dan ilmu pemerintahan. Hal ini merujuk pada relevansi mata kuliah yang mempunyai irisan secara langsung untuk kemudian mata kuliah di Kelas Pengawasan Pemilu (KPP) dapat dikonversi kedalam mata kuliah yang relevan di jurusan masing-masing.

Program MBKM merupakan program Kemendikbudristek dengan program Magang Bersertifikat, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Kampus Mengajar dan Studi Proyek Independen Bersertifikat. Dengan program ini kampus dapat bekerjasama dengan pihak lain untuk melakukan Kerjasama Pendidikan sesuai dengan bidang masing-masing.

Di Bawaslu Kota Malang yang telah memiliki program kuliah pengawasan pemilu Kerjasama dengan fakultas hukum Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama), ditahun 2021 merupakan angkatan kedua program KPP setelah sebelumnya angkatan pertama dilaksanakan tahun 2019. Jika KPP angkatan pertama merupakan  Kerjasama antara Bawaslu Kota Malang dengan Fakultas Hukum Universitas Widyagama Malang dilaksanakan dalam 8 pertemuan, diangkatan kedua KPP dilaksanakan selama satu semester atau 17 pertemuan secara terjadwal.

Lounching Program dilaksanakan di hall Bawaslu Kota Malang dihadiri Aang kunaifi, SH.MH Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jawa Timur, Dekan, Kepala Prodi Hukum, Kepala Laboratorium Unikama dan pimpinan Bawaslu Kota Malang.

Alim Mustofa Ketua Bawaslu Kota Malang dalam sambutanya menyampaikan, “ Program Kelas Pengawasan Pemilu (KPP) tahun ini merupakan langkah maju dari pelaksanaan tahun sebelumnya, karena jika tahun sebelumnya KPP dilaksanakan 8 kali pertemuan atau dua hari penuh, sedangkan sertifikat yang diberikan kepeserta dapat digunakan sebagai pendamping ijazah akan tetapi KPP angkatan kedua hasil seluruh mata kulia menurut ibu dekan akan dikonversi kedalam nilai prodi hukum yang relevan. KPP merupakan program inovasi yang terencana dalam silabus pembelajaran dan didukung oleh tenaga pengajar dari akademisi, praktisi maupun dari Bawaslu sendiri, yang perlu saya sampaikan kepada pak kordiv. bahwa seluruh pengajar merupakan relawan yang siap tidak ada honor” ujar Alim.


Dr. Suciati, SH. M.Hum. dekan fakultas Hukum Unikama  menyampaikan bahwa program Kerjasama antara Bawaslu Kota Malang dengan Fakultas Hukum Unikama merupakan program strategis yang sangat bermanfaat bagi dunia akademik terutama bagi mahasiswa kami. Ini merupakan program pembelajaran diluar kampus pertama setelah diluncurkan program MBKM oleh kemendibudristek, dan yang perlu kami sampaikan bahwa semua matakuliah dari Bawaslu ini akan dikonversikan kedalam nilai akademik di prodi hukum.


Aang Kunaifi,SH.MH Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jawa Timur dalam Lounching Program Kelas Pengawasan Pemilu (KPP) di Bawaslu Kota Malang, 21 Juni 2021.

Selanjutnya dalam sambutan pembukaan program KPP, Aang Kunaifi menyampaikan bahwa program Kelas Pengawasan Pemilu (KPP) yang digagas Bawaslu Kota Malang merupakan langkah maju dari perwujudan cita-cita Bawaslu RI dan Bawaslu Jawa Timur dengan kaitan Bawaslu mengajar. “ saya kira KPP  adalah yang pertama di Jawa Timur, teman-teman Bawaslu Kota Malang mampu melakukan pengajaran pengawasan pemilu selama satu semester kemudian masuk penilaian akademik”, ujar Koordinator pengawasan Bawaslu Jawa Timur ini.


Pertukaran Cindra Mata antara Bawaslu Kota Malang dengan Fakultas Hukum Universitas Kanjuruhan Malang disaksikan oleh Aang Kunaifi, SH.MH Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jawa Timur.


Peserta didik KPP dibatasi maksimal 25 orang terdiri dari mahasiswa fakultas hukum regular dan kelas karyawan secara terseleksi. Sebagai penutup, louching diakhiri dengan pertukaran cindera mata dari kedua lembaga. (AT)

Editor             //  Alim Mustofa

 Tautan Terkait  // KPP Bawaslu Kota Malang