Sinau Menulis : Tehnik Wawancara Berita | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

Sinau Menulis : Tehnik Wawancara Berita

Minggu, 02 Januari 2022

 

Agus Yuwono CEO Adadimalang.com pemateri persiapan liputan dan tehnik wawancara berita di Sinau Menulis Desa Pakiskembar-Kec.Pakis Kab.Malang,2/1/22.


Alimmustofa.com -  Sinau Menulis pertemuan ke-3 menyajikan materi persiapan liputan dan tehnik wawancara berita dengan narasumber utama AgusYuwono (44) dari adadimalang.com. Kehadiran narasumber dari pelaku media online ini, untuk menambah wawasan dan pengetahuan peserta sinau penulis yang berasal dari muda-mudi desa Pakiskembar Kecamatan Pakis-Kab.Malang. Minggu,2/1/22.


“ Kalian adalah singa-singa yang memiliki kekuatan untuk membangun desa, tugas saya adalah membangunkan singa-singa yang tidur ini untuk menemukan potensi dirikalian” ungkap Agus dalam mengawali paparannya.


“ Banyak hal yang bisa ditulis didesa ini, bisa sisi pembangunannya, tentang wisata desa, tentang pemerintahan desa, tentang produk desa. Dan saya yakin kalau kalian serius mau menulis, sangat banyak yang bisa ditulis menjadi berita “ tegas Agus.


Menurut Agus, wawancara adalah untuk menggali atau mengumpulkan informasi, keterangan, fakta, atau data tentang sebuah peristiwa atau masalah. Hasil wawancara itulah kemudian ditulis menjadi karya jurnalistik.


Wawancara bertujuan untuk konfirmasi (penyeimbang), melengkapi data-data yang kurang detil, Mendorong narasumber agar berbicara dan mengungkapkan fakta, Menyambung kesenjangan hubungan narasumber dengan media, pungkas Agus yang juga CEO Adadimalang.com.


Komunitas sinau menulis dalam naungan Info Desa Pakis (IDP) ini diinisiasi oleh Nursalim (52) ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dengan tujuan agar muda-mudi desanya mampu memberikan kontribusi yang baik kepada desanya , terutama melalui informasi pembangunan desa melalui tulisan.(AM-TAN)

Editor / Alim Mustofa