Kuiah Pengawasan : Sistem Pengawasan Pemilu | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

Kuiah Pengawasan : Sistem Pengawasan Pemilu

Selasa, 14 Desember 2021

 

Kuliah Pengawasan dengan tema " Sistem Pengawasan Pemilu" mahasiswa Fakultas Syariah Universitas Maulan Malik Ibrahim (UIN) Malang dikantor Bawaslu Kota Malang,14/12/21

 

Alimmustofa.com – Pengawasan pemilu menjadi isu seksi dikalangan mahasiswa dalam prespektif pembelajaran politik, demokrasi dan hukum. Hal ini juga bagi mahasiswa fakultas syariah Universitas Maulana Malik Ibrahim (UIN) Malang yang melakukan kulah sehari dengan tema “ sistem Pengawasan Peilu “, di Kantor Bawaslu Kota Malang, 14/12/21.


Irham Bashori Hasba,MH dosen pendamping dari fakultas syariah menyampaikan, kegiatan kuliah d Bawaslu, agar mahasiswa memperoleh pengetahuan secara praktis terkait dengan pengawasan pemilu yang secara langsung disampaikan oleh penyelenggara pemilu disisi pengawasan.


“ Peserta yang terlibat dalam program ini adalah mahasiswa fakultas syariah, sebenarnya ada banyak yang ingin hadi hampir 100 orang. Akan tetapi karena ada batasan kepersetaan beraitan dengan kecukupan ruangan, maka sekitar 25 orang yang diijinkan ikut serta” ungkap Irham.

Harapan program selanjutnya, melalui rintisan pusat kajian kepemiluan prodi HTN UIN Malang siap berpartisipasi dlm program shortcourse, SCPP, KPP oleh bawaslu dan pusat kajian kepemiluan prodi HTN, Irham meneruskan keterangannya.


Alim Mustofa Ketua sekaligus Koordinator Divis Pengawasan Bawaslu Kota Malang menyampaikan, Bawaslu Kota Malang memiliki beberapa program pembelajaran pengawasan pemilu. ada Short Course Pengawasan Pemilu (SCPP) dan Kelas Pengawasan Pemilu (KPP).


Sebagai informasi program SCCP merupakan program pengenalan Bawaslu kepada peserta yang diambil dari mahasiswa magang. SCPP dilaksanakan secara terjadwal lima kali pertemuan. Sedangkan KPP program kuliah pengawasan dengan durasi waktu satu semester atau 17 kali pertemuan. Materi dalam KPP pun luas, dan diampuh oleh pengajar yang berkompeten.

Editor // Alim Mustofa