PARTISIPASI POLITIK | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

PARTISIPASI POLITIK

Sabtu, 19 Agustus 2023

 



Partisipasi Politik

Oleh:
Alim Mustofa Ketua Bawaslu Kota Malang

Alimmustofa.com - Partisipasi politik merupakan bentuk kontrol yang efektif terhadap kekuasaan dalam negara yang menganut bentuk pemerintahan demokratis. Sistem kontrol yang dijalankan tidak saja pada proses jalannya roda pemerintahan oleh penguasa, akan tetapi jauh lebih penting jika kontrol oleh rakyat sebagai pemilik mandat dilakukan dimulai dari proses transisi politik atau transisi kekuasaan pada proses pemilu.

 

 

         Government of thepeople, by the people, and for the people

(Abraham Lincoln)

 

Pemerintahan akan kuat jika diterbentuk dari proses politik yang mendapat dukungan yang kuat dari pemilik madat, yaitu rakyat melalui hasil pemilu yang terlegitimasi dari hasil pemilihan umum. Sebaliknya legitimasi pemerintahan akan terdegradasi jika dukungan dari rakyat lemah. Hal ini dapat dilihat dari partisipasi pemilih pada pelaksanan pemilihan umum untuk memilih perwakilan dilegislative dan perwakilan di eksekutive yang merupakan bagian dari proses demokrasi.

 

Disinilah kata partisipasi menemukan makna yang mendalam terhadap kontrol  kekuasan dimanapun negara yang menganut bentuk pemerintahan demokratis.

 

Pemilu adalah awal dari sebuah proses pembentukan pemerintahan dalam suatu negara, dimana dalam makna demokrasi rakyat dapat terlibat dalam pengambilan keputusan baik secara langsung maupun melalui perwakilan, dimana ketentuan atas pilihan tersebut diambil dari kesepakatan dalam suatu proses.

 

“ Pemilu akan berjalan sesuai azas dan prinsip jika kita semua saling berperan dalam mengawal prosesnya, menjaga kredibiltas penyelenggaranya, memilih dan mengawal kontestannya dengan niat baiknya, mengajak calon pemilih dengan ikhtiar dengan niatan terbaik, meletakkan etika, moral sebagai landasan berpijak dan bersikap dalam sikap poltik sebagai warga negara”.



Artikel ini sebelumnya telah dimuat di Buletin Bawaslu Jawa Timur edisi 15