Respon Cepat Bawaslu Meningkatkan Trust Publik | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

Respon Cepat Bawaslu Meningkatkan Trust Publik

Kamis, 29 Desember 2022

 

Perosonel Gakkumdu Bawaslu Sulawesi Selatan bersama Rombongan Bawaslu Jawa Timur, Bawaslu Kota Malang, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lumajang di Hall Bawaslu Suawesi Selatan. Kamis,29/12/22.


Alimmustofa.com -  Penanganan pelangaran pemilu selalu menjadi atensi public yang luar biasa dalam pada setiap penyelenggaraan pemilu atau pemiihan. Hal ini tidak lepas dari konflik politik antar kontestan pemilu.



Oleh sebab itu respon cepat terhadap penanganan pelangaran pemilu menjadi kunci untuk menjawab kepercayaan publik. Hal ini disampaikan oleh Koordinator Diviisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan Dr.Azry yusuf,SH.MH saat menerima kunjungan dari rombongan Bawaslu Jawa Timur. Kamis, 29/12/22.

 

“pernah ada kasus yang ditangani oleh Bawaslu Sulsel, terjadinya pelanggaran hari kamis, sementara mekanisme penanganan pelangaran pemilu menggunakan hari kerja. Mengantisipasi hal ini, Bawaslu mengambil langkah untuk mengambil langkah cepat, begitu hari kamis perkara dilaporkan, hari itu juga dibuat kajian dan undangan klarifikasi para para pihak, besoknya hari jumat terlapor dan para pihak dilakukan klarifikasi di kantor Bawaslu Sulsel” ungkap Azry Yusuf.

 

Tim Gakkumdu Bawaslu Kota Malang bersama Dr. Azry Yusuf,SH.MH Koordinator Penanganan Pelaggaran Bawaslu Sulawesi Selatan dan Nur Elya Anggraeni,S.Sos. M.Si Koordiator Divisi SDM-O Bawaslu Jawa Timur..

Lebih lanjut Azry, menerangkan, kenapa Bawaslu Sulsel mengambil respon cepat, padahal sabtu minggu merupakan hari libur, coba kita cermati, Jika tidak segera ditangani pada saat itu juga,  maka akan terjadi demo besar besaran dikantor Bawaslu Sulsel mnuntut ketegasan Bawaslu, meski hari sabtu dan minggu merupakan hari libur.

 

“ ternyata benar, besoknya hari jumat, kantor Bawaslu didemo masyarakat, saya sendiri yang menemui mereka. Saya katakan bahwa terlapor dan para pihak yang terkait dengan pelanggaran telah diklarifikasi di kantor Bawaslu, akan tetapi meraka tidak percaya. Lalu perwakilan pendemo saya ajak masuk melihat proses klarifikasi. Apa yang dia katakana kepada saya?  Wah Bawaslu ternyata merespon cepat ! tutur kordinator penanganan pelanggaran ini menirukan perwakilan pendemo.       


Artinya apa, respon cepat Bawaslu mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat,  yang paling penting prinsipnya bahwa Gakkumdu dalam penanganan pelanggaran pemilu bukan bertujuan memidankan orang, akan tetapi untuk menegakkan kepastian hukum,  Azry menutup keterangannya.


Study banding penanganan pelanggaran oleh Bawaslu Jawa Timur dikuti oleh Bawaslu Kota Malang, Bawaslu Lumajang, Bawaslu Banyuwangu, Bawaslu Gresik dan Bawaslu Kota Mojokerto, masing masing menyertakan unsur gakkumdu dari kepolisian dan kejaksaan. (al-t)


Editor     : Alim Mustofa