Manfaat Air Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

Manfaat Air Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Sabtu, 29 Januari 2022

 

Bawang putih yang selama ini dikenal hanya sebagai penyedap masakan atau bumbu dapur ternyata memiliki kaya mannfaat bagi kesehatan tubuh.


Alimmustofa.com - Bawang putih selama ini dikenal sebagai bumbu dapur biasa digunakan oleh ibu-ibu untuk memasak, akan tetapi siapa tahu jika bawang putih mengandung kaya manfaat untuk Kesehatan, karena bawang putih merupakan sumber antioksidan. Manfaat Kesehatan dari konsumsi bawang outih diantaranya adalah mencegah peradangan, menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah dan masih banyak lagi.

 

Sebagaimana dilansir SehatQ, kelebahan yang dimiliki oleh bawang putih selain sebagai penyedap masakan, kandungan bumbu dapur ini juga berpotensi mampu meredakan gejala flu. Berikut beberapa manfaat bawang putih menurut ulasan  dr. Reni Utari .

 

Manfaat rebusan air bawang putih untuk Kesehatan tubuh

 1. Meredakan gejala flu

Rebusan air bawang putih, bisa membantu melegakan tenggorokan dan saluran pernapasan akibat flu dan batuk yang disebabkan oleh virus, bakteri atau alergi. Dengan mengkonsumsi rebusan air bawang putih secara teratur dan terukur, akan membunuh bakteri yang ada dalam tubuh, karena bumbu dapur ini dapat berfungsi sebagai antibiotik.


2. Mencegah infeksi

Kandunan Ekstrak dalam bawang putih mengandung zat allisin. Senyawa ini mampu mencegah infeksi,  menghambat pertumbuhan bakteri,virus,,jamur dan protozoa.


3. Meredakan peradangan di tubuh

Manfaat lain rebusan air bawang putih adalah dapat mencegah peradangan. Bawang putih mengandung senyawa saponin  dan flavonoid, sehingga membuat bumbu dapur yang satu ini dinilai sangat bermanfaat untuk meredakan peradangan atau inflamasi di tubuh.


4. Menyembuhkan sariawan

Hasil sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan uji, ekstrak air bawang putih terbukti mampu mempercepat penyembuhan luka di rongga mulut. ekstrak air bawang putih dibuat dalam bentuk gel dan dioleskan pada area rongga mulut yang mengalami luka. Bahan tersebut kemudian terbukti bisa mengurangi diameter luka setelah beberapa kali pemakaian.


5. Menurunkan kolesterol

Rebus air bawang putih  dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di tubuh. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi, berisiko memicu gangguan pada jantung dan tekanan darah.


6. Mengandung antioksidan

Kandungan antioksidan flavonoid yang ada pada bawang putih juga merupakan salah satu jenis antioksidan.

 

Khasiat rebusan air bawang putih dengan kandungan antioksidannya dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan sel dalam tubuh, kerusakan bisa menyebabkan timbulnya berbagai penyakit berbahaya. Antioksidan flavonoid yang terkandung dalam bawang putih merupakan salah satu jenis antioksidan.

 

Meski kaya manfaat untuk Kesehatan, anda juga harus hati-hati mengkonsumsinya, jangan berlebihan yang nanti akan membawa resiko atai efek samping. Berkonsultasilah ke dokter bagaimana takaran atau dosis dalam mengkonsumsi rebusan air bawang putih.

 

Menuurut dr. Zaidul Akbar seorang dokter juga pedakwah ini, kasiat bawang putih lainnya adalah untuk mengencerkan darah. Usahakan mengkonsumsi rebusan air bawang putih di pagi  dalam keadaan perut masih kosong. Antibiotik yang terkandung dalam bawang putih  berfungsi  membantu menjaga sistem pencernaan tetap bersih dengan membuang racun

 

Efek samping air bawang putih bisa membuat napas bau

Efek yang timbul dari mengkonsumsi bawang lutih adalah sebagai berikut;

  • Perut mual dalam beberapa saat
  • Bau mulut menyengat
  • Nyeri ulu hati
  • Penumpukan gas dalam perut
  • Bau badan
  • Mungkin Diare bagi bebetapa orang.

Apabila ada gejala alergi atau efek seperti diatas, segera periksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan secara medis.

 

Cara membuat rebusan air bawang putih, cukup mudah. Berikut ini bahan dan tahap pembuatannya. Sediakan 3 siung bawang putih, iris tipis-tipis kemudian masukan dalam gelas 400 ml, tuangkan air mendidih dalam gelas, diamkan selama 6 jam. Jika mau ditambah madu boleh dan perasan ari jeruk lemon.

Editor // Alm Mustofa