Lima Manfaat Air Rebusan Jagung Muda | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

Lima Manfaat Air Rebusan Jagung Muda

Sabtu, 25 Desember 2021

 

foto ini diambil dari google sebagai ilustrasi artikel tips sehat


Alimmustofa.com - Siapa sih yang tidak suka jagung, bahkan jagung menjadi jajanan popular dikalangan muda yang sedang kencan. Gak percaya, ambil contoh jagung bakar menjadi menu kencan dengan si doi, selain itu jagung rebus juga memiliki kekhasan yang cita rasa yang original untuk menemani malam minggu ditengah tongkrongan anak muda ditengah kota.


Yang perlu kamu tahu, tidak banyak yang tahu jika ternyata tidak saja jagungnya saja yang memiliki kandungan manfaat bagi Kesehatan tubuh. Ternyata air rebusan jagung muda sangat bermanfaat untuk terapi penyembuhan beberapa  penyakit. Berikut khasiat air rebusan jagung muda untuk Kesehatan tubuh, begini faktanya :


1. Mengatasi kolesterol jahat


Khasiat paling populer dari air rebusan jagung muda ini adalah sebagai penurun kolesterol jahat dalam tubuh yang sewaktu-waktu dapat menyumbat pembuluh darah dan mengancam kesehatan jantung. Air hasil rebuan jagung muda ini terdapat kandungan zat flavonoid, senyawa fenol yang mampu mencegah penyempitan pembuluh darah. Hal ini  akan membantu peningkatan kelancaran sistem peredaran darah dan menjaga kesehatan jantung.


2. Mengobati diabetes


Kegunaan air rebusan jagung adalah sebagai bahan pemanis yang sangat aman untuk penderita diabetes. Rasa manis pada jagung tidak membahayakan penderita diabetes, tentu dengan perlakukan yang benar.


Sebagaimana dilansir dalam buku berjudul Bebas diabetes ala hembing, Rebusan jagung untuk penyembuhan diabetes adalah dengan merebus jagung muda dalam kondisi belum terkupas. Rambut jagung muda mengandung potassium nitrat, volatil alkaloid, vitamin K, asam yashushu, beta-sitosterol.dan stigmasterol, Rambut jagung memiliki efek farmakologis diuretik atau peluruh kecing, menetralisir hati ,penurun panas, , dan melancarkan pengeluaran empedu. 


Ambil 30 -50 gram rambut jagung, kemudian rebus dengan air secukupmya. Rebus sampai mendiidih setelah dingin lalu diminum.


3. Peluruh batu ginjal


kandungan Air rebusan jagung muda dapat pula membantu meluruhkan batu ginjal yang mengendap. Air rebusan jagung akan perlahan akan membuat batu ginjal hancur menjadi butiran kecil. Setelah batu ginjal tak lagi memiliki ukuran terlalu besar, hentikan terapi air rebusan jagung dan ganti dengan ramuan daun kumis kucing dan meniran untuk membersihkannya hingga tuntas.


4. Mengatasi tekanan darah tinggi


Kandungan flavonoid yang ada pada air rebusan jagung muda, selain dapat menghalau kolesterol juga dapat mencegah serangan darah tinggi atau hipertensi karena kemampuannya mencegah penyempitan yang terjadi pada area pembuluh darah. Usahakan merebus jagung muda bersamaan dengan bagian rambutnya karena di sinilah manfaat rebusan jagung berasal. 


5. Mengatasi kebiasaan mengompol pada anak


Kebiasaan mengompol saat tidur pada anak sebetulnya merupakan hal yang normal karena pada dasarnya tubuh anak belum memiliki sistem yang mampu menghentikan keluarnya urine pada sat ia tidur. Namun jika anak sudah dirasa cukup besar namun kebiasaan mengompol masih saja terjadi, maka air rebusan jagung bisa membantu. Berikan satu cangkir air rebusan jagung sesaat sebelum anak beranjak tidur.

Di dalam jagung terdapat kandungan karbohidrat sebanyak 80 persen. Jadi, setiap 100 gram jagung pasti mengandung:

  • 335 kalori
  • karbohidrat 73 gram
  • vitamin B1 0, 3 miligram
  • kalsium 10 gram
  • lemak 3,9 gram
  • 9,2 gram protein
  • 256 mg fosfor
  • 2,4 mg ferrum dan 12 gr air.

Artikel ini telah dipublis sebelumnya di IDN Times dan 99.co

Editor : Alim Mustofa