Khasiat Buah Ciplukan | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

Khasiat Buah Ciplukan

Selasa, 04 Januari 2022

 

foto ilustrasi buah ciplukan Physialis peruviana atau morel berry, golden berry, atau goose cape berry .

Alimmustofa.com - Siapa sangka jika buah ciplukan punya banyak khasiat yang tidak kita duga bagi Kesehatan. Tanaman yang biasa tumbuh disawah atau dihamparan rerumputan ini, mulai menarik perhatian banyak orang, terutama yang herbalis atau penyuka obat-obatan herbal.

Sebagaimana dilansir hellosehat.com buah cilpukan mempunyai 5 manfaat bagi Kesehatan tubuh jika kita mengkonsumsinya dengan baik.

Kandungan gizi dalam buah ciplukan

Ciplukan memiliki nama latin Physialis peruviana atau morel berry, golden berry, atau goose cape berry  (inggris). Dalam takaran 100 gram buah ciplukan, terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut:

  • Energi: 53 kcal
  • Air: 85.4 gram
  • Protein: 1.9 gram
  • Asam askorbat (Vitamin C): 11 mg
  • Thiamin (Vitamin B1): 0.11 mg
  • Lemak: 0.7 gram
  • Serat: 6 gram
  • Kalsium: 9 miligram (mg)
  • Zat besi: 1 mg
  • Niasin (Vitamin B3): 2.8 mg
  • Vitamin A: 36 mikrogram
  • Fosfor: 40 mg
  • Riboflavin (Vitamin B2): 0.04 mg

Manfaat Bagi kesehatan Tubuh

Kandungan gizi yang terdapat dalam buah ciplukan memberikan manfaat kesehatan berikut:

1. Meningkatkan kesehatan tulang

Buah ini mengandungan vitamin K yang sangat tinggi. Vitamin K pada  ciplukan memudahkan proses metabolisme tulang, dengan demikian buah ini memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Selain baik untuk menjaga kesehatan tulang, vitamin yang terkandung dalam buah ciplukan, membantu menjaga tekanan darah dan kesehatan kulit.

 

2. Mencegah kerusakan sel

Buah ciplukan kaya akan antioksidan. Antioksidan merupakan zat yang berguna melindungi dan memperbaiki kerusakan sel akibat efek radikal bebas .(riset yang dimuat Pharmacognosy Review)

 

Contoh kerusakan sel akibat radikal bebas adalah penuaan dini dan penyakit kronis seperti penyakit jantung, peradangan,  kanker dan katarak.

 

Kandungan yang terdapat buah ciplukan diantaranya adalah fenolik dan antioksidan tinggi, yang dapat menhambat perkembangan sel kanker usus besar dan kanker payudara. Oleh karena itu, mengonsumsi buah ciplukan kan memberikan manfaat untuk pencegahan terhadap penyakit-penyakit yang sangat mungkin muncul dalam tubuh kita.

 

3. Melawan Peradangan dalam Tubuh.

Dalam buah ciplukan terdpaayt senyawa withanolides memiliki manfaat melawan efek peradangan pada usus. Hal ini disebut hasil riset Hawai’i Journal of Medicine & Public Health, yang kemudian dirilis di Journal of Chron’s and Colitis. Hasil riset ini menyatakan buah ciplukan dapat membantu mengurangi peradangan pada inflammatory bowel disease (IBD).  Riset ini masih sebatas hasil pengamatan pada tikus.

4. Meningkatkan fungsi penglihatan mata

Kandungan beta karoten, ,zat lutein, dan beberapa jenis karotenoid lainnya terdapat dalam buah ciplukan ini memiliki manfaat untuk menurunkan risiko degenerasi makula yang dapat menyebabkan kebutaan. Zat lutein dalam buah ciplukan mengandung khasiat untuk mencegah berbagai penyakit mata dan melindungi mata Anda dari kebutaan yang disebabkan oleh penyakit diabetes.

 

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Zat Polifenol adalah senyawa antioksidan yang berfungsi untuk menghalangi pelepasan penanda sistem kekebalan dalam tubuh ketika terjadi peradangan. Selain itu kandungan vitamin C  dalam buah ciplukan ini memiliki peranan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Dalam setiap 100 gram buah ciplukan, terdapat 11 miligram (mg) vitamin C yang kurang lebih memenuhi 21% kebutuhan vitamin C harian untuk pria, vitamin C harian untuk wanita dan 17%. Buah ciplukan juga memiliki manfaat membantu meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas tubuh karena adanya kandungan polifenol.

.

Cara mengonsumsi buah ciplukan

Buah ciplukan dapat anda konsumsi langsung denga terlebih dikupas dan dicuci dulu. Berikut adalah cara mengonsumsi buah ciplukan :

 

  • Diblender
  • Dimakan utuh dalam kondisi segar.

 

Yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi ciplukan adalah :

-      Jangan konsumsi ciplukan yang masih hijau karena dalam ciplukan yang masih hijau memungkinkan mengandung racun.

-      Konsumsi buah ciplukan yang sudah matang dengan ciri-ciri sudang menguning.

-      Buah ciplukan mentah mengandung solanine, yaitu racun alami yang juga terdapat dalam sayuran seperti kentang dan tomat.

-      Jangan mengkonsumsi buah ini dalam jumlah banyak atau berlebihan.




Artikel ini sebelumnya dimuat di hellosehat.com

Editor : Alim Mustofa