10 Rukun Jurnalistik Menurut AY CEO Adadimalang.com. | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

10 Rukun Jurnalistik Menurut AY CEO Adadimalang.com.

Minggu, 16 Januari 2022

 


 

Agus Yuwono (AY) CEO Adadimalang.com menyampaikan materi tehnik wawancara dan persiapan liputan di Sinau Menulis Desa Pakiskembar-Kabupaten Malang,minggu, 2/1/21.

Alimmustofa.com – Warna baru dalam pembelajaran “ Sinau Menulis” dengan menghadirkan pemateri dari salah satu CEO media online yang ada di Malang. Agus Yowono (AY) CEO sekaligus adadimalang.com menjadi pemateri tamu dikomunitas menulis desa Pakiskembar Kabupaten Malang. Minggu 2/1/21.

 

Agus Yuwono mengatakan “ Dalam buku Akal Sehat Dahlan Iskan karangan Joko Intarto, Dahlan Iskan menyebutkan Rukun Iman berita adalah tokoh, besar, dekat, yang pertama, human interest, bermisi, unik, ekslusif, trend dan prestasi ”.

 

Dalam paparan Agus menjelaskan 10 rukun iman jurnalistik tersebut,  pertama adalah Tokoh. Semua peristiwa yang menyangkut tokoh layak diberitakan. Misal Gubernur Jatim masuk rumah sakit, karena demam berdarah. Kedua adalah Besar. Semua peristiwa yang besar layak diberitakan. Misal, gempa bumi dengan kerugian banyak ketiga, Dekat. Peristiwa kecil yang dekat kita layak diberitakan daripada peristiwa yang sama tetapi jauh. Misal, gempa di Jember korbannya 10 orang di Meksiko 100 orang. Kermpat, Yang pertama. Peristiwa yang pertama kali terjadi layak diberitakan.

 

kelima adalah Human Interest. Semua peristiwa yang menyentuh kemanusiaan layak diberitakan.  Selanjutnya yang keenam adalah Bermisi. Setiap berita harus memiliki tujuan misalnya mencerdaskan, mendidik, memotifasi. Unik. Setiap peristiwa yang unik layak untuk diberitakan. Kedelapan,Eksklusif. Semua berita eksklusif layak diberitakan missal berita investigasi”  Papar mantan penyiar radio ini.

 

Masih menurut Agus, Trend, trend gaya hidup atau perilaku. yang terkahir adalah Prestasi. Kisah-kisah keberhasilan seseorang. Maka dalam 10 prinsip ini seorang jurnalis dapat memberikan sebuah ide untuk memperoleh bahan untuk membuat sebuah berita.

 

Menutup presentasinya AY menyampaikan pentingnya media dalam menopang pembangunan desa,  dimana melalui media desa masyarakat akan lebih mengenali masalah, potensi dan solusi desanya. Sehingga harapan ke depan warga masyarakat aktif dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pelestarian hasil pembangunan. “Slogan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat bisa tercapai”.

 

                                                                                   

Pewarta : Maulana Amin Irsyad Abidin

Editor     : Alim Mustofa