Bangunan IPAL Komunal Dari Pemprov. Jatim Serahkan Ke Masyarakat | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

Bangunan IPAL Komunal Dari Pemprov. Jatim Serahkan Ke Masyarakat

Rabu, 22 Desember 2021

 

Serah terima IPAL Komunal oleh DPRKPCK Pemerintah Provinsi Jawa Timur di Dusun Tegalpasangan - Desa Pakiskembar -Kabupaten Malang. Jumat, 18/12/21.

Alimmustofa.com - IPAL Komunal diserah terimakan DPRKPCK Provinsi Jawa Timur ke KP-SPAL dihadapan ratusan warga desa Pakiskembar. Prosesi serah terima berlangsung meriah diringi pertunjukan group drum band RW.07 dusun Tegalpasangan, jumat,17/12/21.


Serah terima IPAL komunal oleh Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman Dan Cipta Karya (DPRKPCK) Pemerintah Provinsi  Jawa Timur ini, merupakan bagian dari program pembangunan Pola Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS), antara lain air minum, pengelolaan sampah dan sanitasi.


“ Berawal dari intervensi program USAID-IUWASH PLUS sejak awal tahun 2020 di desa Pakiskembar,  melalui pembedayaan para relawan melakukan pendataan sanitasi diwliayah RW 06 didapatkan data bahwa budaya masyarakat yang masih open devection free (ODF) atau buang air besar (BAB) disembarang tempat terutama di sungai, karena sarana dan prasarana (sarpras) yang tidak standar Kesehatan “  terang Budi Hartono (47) relawan sanitasi asal desa setempat.


Masih menurut Budi, awal tahun 2021 dilakukan pendataan ulang (review partisipatif) diperoleh data 356 KK dari 446 KK di RW 06 yang memiliki sanitasi tidak layak, sehingga dibutuhkan upaya penyadaran kepada masyarakat di RW 06, untuk merubah kebiasaan tersebut. Selanjutnya relawan melakukan koordinasi dengan stakeholder dengan tujuan membuat program pembangunan sanitasi dengan bantuan dari pemerintah.


“ upaya relawan ini kemudian direspon oleh pemerintah desa Pakiskembar dengan bantuan 3 unit MCK, dinas Cipta Karya Kabupaten Malang dengan bantuan 12 unit MCK , selanjutnya bantuan program USAID-IUWASH PLUS berupa pelatihan dan praktek pembuatan septictank standar SNI. Program lainnya adalah bantuan program IPAL Komunal dari Provinsi Jawa Timur yang hari ini diserah terimakan” ungkap Budi meneruskan keterangannya.


Prosesi serah terima dilaksanakan ditepi sungai, dimana lokasi IPAL komunal dibangun. Hal ini sekaligus bertujuan untuk media sosialisasi kepada warga yang hadir akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar sungai.(DB/AT)


Editor : Alim Mustofa