KOMUNITAS SINAU MENULIS DESA PAKISKEMBAR | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

KOMUNITAS SINAU MENULIS DESA PAKISKEMBAR

Kamis, 23 Desember 2021

 


Suasan pembelajaran Komunitas Sinau Menulis Desa Pakiskembar-Kabupaten Malang.22/12/21

Alimmustofa.com – setiap orang sebenarnya adalah Jurnalis, itulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan kebiasaan masyarakat hari ini. contohnya setiap kita menemukan suatu peristiwan dengan sengaja atau tidak, kita akan memfoto, memberikan status pada foto kemudian dishare ke media sosial milik kita. Tak ayal lagi secara tidak sengaja kita telah menjadi seorang jurnalis yang tugasnya adalah mencari berita, menulis, mengedit dan mempublis informasi yang telah didapat untuk diketahui khalayak umum. Prinsipnya, sengaja atau tidak sengaja setiap orang punya telah melakukan kegiatan jurnalistik.


Tak terkecuali sekelompok muda-mudi desa Pakiskembar yang mulai tertarik untuk belajar dunia menulis dengan belajar jurnalistik dalam wadah Sinau Menulis. Sekumpulan anak mud aini dirangkul oleh Nursalim ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Pakiskembar dengan harapan akan pelopor pegiat informasi di desanya.


Bukan tanpa alasan, kegiatan belajar menulis ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan informasi pembangunan desa yang jarang terpublikasi ke  masyarakat meski disetiap desa ada website resmi pemerintah desa. Pertanyaanya mengapa banyak kegiatan desa yang tidak dipublikasi dilaman resmi pemerintah desa setempat.


Ada banyak hal mengapa banyak kegiatan desa yang tidak dipublikasi, pertama karena tidak adanya sumberdaya pengelola website desa. Kedua masih belum menganggap penting akan publikasi kegiatan desa sebagai suatu kewajiban. Ketiga, belum menganggap strategisnya publikasi untuk kemajuan pembangunan desa.


Kemunitas muda-mudi ini, mulai memiliki kesadaran akan pentingnya publikasi pembangunan desa, mereka mengawalinya dengan membuat kelompok penulis dengan target dalam waktu yang tidak lama mereka akan memiliki keterampilan menulis  berita.


Jadwal belajar mereka dibuat sesuai kesepakatan, yang terpenting tidak mengganngu kewajiban utama. Sebab dari kelompok belajara ini terdiri dari berbagai latar belakang yang berbeda-beda.


Semangat mereka adalah modal yang luar biasa untuk terus ditemani sampai cita-cita untuk mendapatkan ilmu menulis dalam komunitas Sinau Menulis ini tercapai. Prinsipnya jadikan menulis sebagai hobi. (AM-Tan)

Editor : Alim Mustofa