DB Menyerang Perangkat Desa Menangkal | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

DB Menyerang Perangkat Desa Menangkal

Kamis, 23 Desember 2021

 


Pelaksanaan Fogging di Dusun Jambon Desa Pakiskembar -Kabupaten Malang, hal ini dilakukan setelah adanya laporan warganya yang terkena virus demam berdarah (DB) 22/12/21

Alimmustofa.com - Ditemukan warganya terdampak demam berdarah (DB) pemerintah desa gencarkan Fogging, hal ini menyusul kasus DB yang diderita oleh Ewa seorang balita berusia 5 tahun warga RW.02 Dusun Jambon, Desa Pakiskembar, Kecamatan Pakis Kabupaten Malang, setetah keluargnya melaporkan ke aparat setempat. Rabu, (22/12/21).


Berdasarkan informasi dari Imam Shafi'I (50) Kepala Dusun (Kasun) RW. 02 Jambon, Pakiskembar. Kegiatan Fogging dilaksakan secara bertahap disetiap dusun, menggunakan 2 unit mesin Fogging milik pemerintah desa, menggunakan sumber pembeayaan dari alokasi Dana Desa sebesar Rp. 2.450.000,-.


"kita gerak cepat melakukan Fogging di awali dari Dusun Jambon, lanjut besok bergeser ke Dusun Krajan Barat" ucap Kasun.


Hal senada disampaikan Etik Suketik tenaga Kesehatan (Nakes) Desa Pakiskembar, bahwa program Fogging ini memang sangat mendesak dilakukan sebelum wabag DB akan menyerang lebih luas.


Selanjutnya Etik menghimbau, agar warga desa Pakiskembar untuk lebih menjaga kebersihan lingkungan disaat musim hujan seperti sekarang. Pola hidup sehat dengan sealu ingat terhadap 5M (Menguras, Menaburkan, Mengganti, Menutup,,dan Menimbun) barang-barang bekas dilingkungan rumah. Hal ini untuk memberantas sarang nyamuk Aedes aegypti penyembab virus demam berdarah atau dikenal dengan istilah DB.


"saat ini ada salah satu warga kita terserang DB, untuk pencegahan awal, mari kita mengguakan obat nyamuk( oles/semprot)" tuturnya.


       Etik berharap, Dengan diadakannya kegiatan Fogging secara menyeluruh di Desa Pakiskembar semoga nyamuk DBD tidak ada lagi, gerak cepat perangkat desa semoga bermafaat bagi seluruh warga.(SG)


Editor : Alim Mustofa