Dasar Menulis Karya Ilmiah | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

Dasar Menulis Karya Ilmiah

Sabtu, 28 Agustus 2021

 

Dr.Nofi Sri Utari,S.Pd.SH.MH Akademisi Fakultas Hukum Universitas Islam Malang (UNISMA) dalam mengajar di Kelas Pengawasan Pemilu (KPP) Bawaslu Kota Malang.28/8/2021


Alimmustofa.om. – Menulis pada dasarnya sudah menjadi kebiasaan kita sehari-hari dengan bermacam-macam media yang bisa digunakan. Sudah sangat familier setiap orang menulis berupa update status di facebook, twiter, IG dan yang lebih spesifik beberapa orang gemar menulis ilmiah berupa makalah, paper, jurnal atau karena tugas menulis tugas akhir seperti skripsi, tesis, desertasi.


Beberapa orang yang berprofesi sebagai penulis seperti wartawan, novelis, komikus atau salah satu konten di majalah, yang kesemuanya adalah kegiatan menulis.

Proses Kuliah diprogram Kelas Pengawasan Pemilu (KPP) Bawaslu Kota Malang kerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) di hall Bawaslu Kota Malang.

Kelas Pengawasan pemilu (KPP) Bawaslu Kota Malang memasukan materi Dasar Menulis Karya Ilmiah sebagai materi wajib yang harus ditempuh oleh peserta KPP. Hal ini bertujuan agar paska belajar di program KPP, alumni KPP memiliki keterampilan menulis untuk menuangkan ide, pokok-pokok pikiran berupa tulisan ilmiah, berita atau tulisan dalam bentuk lain.


Dengan demikian, alumni KPP dapat berkontribusi kepada Bawaslu untuk membantu edukasi pemilu dan demokrasi terutama dibidang pengawasan pemilu maupun pemilihan.


Untuk mendukung materi ini, Bawaslu kota Malang mengundang Dr. Nofi Sri Utamu, S.Pd. SH.MH akademisi dari Fakultas Hukum Universitas Islam Malang (Unisma). Fokus utama dalam pengajaran materi ini, bagaimana mahasiswa memahami dan mampu mengenai jenis-jenis tulisan ilmiah, mahasiswa mampu secara makro bagaimana Langkah-langkah menulis ilmiah.


Editor / Alim Mustofa