Materi Kebawasluan : Strategi Pengawasan dan Kelembagaan Bawaslu | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

Materi Kebawasluan : Strategi Pengawasan dan Kelembagaan Bawaslu

Jumat, 27 Agustus 2021

 

Materi Pengawasan pemilu oleh Aang Kunaifi,SH.MH Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jawa Timur, di program Kelas Pengawasan Pemilu (KPP) Bawaslu Kota Malang, 26/8/2021

Aang Kunaifi,SH.MH Koordinator Pengawasan Bawaslu Jawa Timur di KPP Bawaslu Kota Malang, 26/8/2021.

Alimmustofa.com -  Tugas Pengawasan yang diemban Bawaslu merupakan tugas berat dalam mengawal tahapan penyelenggaraan pemilu maupun pemilihan. Mungkin kelembagaan peyelenggaraan pemilu di Indonesia adalah satu satunya negara di dunia yang mendesain kelembagaan penyelenggaraan pemilu  kemudian membentuk lembaga pengawas pemilu menjadi satu kesatuan  penyelenggaraan pemilu.


Sebagaimana disampaikan dalam kuliah pengawasan oleh Aang Kunaifi,SH.MH Koordinator Pengawasan Bawaslu Jawa Timur, kelembagaan pengawas semacam Bawaslu mungkin satu-satunya didunia, tidak ada dinegara demokrasi manapun yang mempunyai Lembaga pengawas sebagai bagian dari penyelenggara pemilu.


Dalam sesi ini, disampaikan materi tugas-tugas pengawasan pemilu, strategi pengawasan dan hal -hal yang menjadi hambatan dalam pengawasan pemilu. Tantangan dalam melakukan pengawasan pemilu tidak saja soal pelanggaran pemilu, akan tetapi dinamika sosial politik yang cukup cepat ditengah-tengah perhelatan pemilu.


“ berbicara pemilu tidak berdiri sendiri, banyak variabel yang mempengaruhi penyelenggaraan pemilu dan pengawasan pemilu, peran tokoh masyarakat, pengaruh penguasa lokal, pengaruh elit lokal juga turut mempengaruhi dinamika pemilu atau pemilihan , apa lagi pekerjaan mengawasi itu tidak semua suka”. Aang menambahkan paparanya.


Pengawasan Pemilu masih diperlukan, mengingat kesadaran masyarakat dalam partisipasi pembangunan demokrasi dalam pemilu masih dirasa rendah, jika pemilu dibiarkan tanpa pengawasan dari masyarakat sangat mungkin akan berpotensi terjadinya pelanggaran dan kerawanan pemilu lainnya.


Editor // Alim Mustofa