ANALISA SOSIAL PEMILU DALAM KPP | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

ANALISA SOSIAL PEMILU DALAM KPP

Jumat, 27 Agustus 2021



 Yogi Eka Chalid Farobi,S.Sos Bawaslu Kota Batu, Kelas Pengawasan Pemilu (KPP) Bawaslu Kota Malang, 27/8/2021

Alimmustofa.om. -  Pengawasan Pemilu atau pemilihan adalah bagian dari tugas -tugas Bawaslu dalam mengawal tahapan penyelenggaraan pemilu dari potensi pelanggaran baik yang dilakukan oleh penyelenggara, peserta dan para pihak.  Oleh sebab itu untuk dapat melakukan pengawasan tahapan pemilu secara efektif dan efisien serta.


Dalam kuliah satu semester dalam program Kelas Pengawasan Pemilu (KPP) Bawaslu Kota Malang Kerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Kanjuruhan Malang (FH Unikama), salah satu nateri ajar adalah Analisa Sosial (Ansos). Materi yang spesifik ini disampaikan untuk menunjang Pengawas untuk menyusun kerangka pengawasan sebelum tahapan pemilu dilaksanakan.  


Materi Ansos dalam KPP diberikan ke peserta ajar guna melengkapi materi kuliah pengawasan dalam rangka memperkaya pengetahuan bagi mahasiswa.


Yogi Eka Khalid.S.Sos Koordinator Pengawasan  Bawaslu Kota Batu, dalam materi ajarnya menekankan bahwa “ seorang pengawas pemilu sebelum melakukan pengawasan harusnya menemu kenali wilayah kerjanya seperti apa, hal ini agar pengawas tidak salah dalam menentukan metode dan strategi pengawasan, darimana pengawas memperoleh data wilayah kerjanya, salah satunya adalah dengan melakukan Analisa sosial atau ansos,”.


“ jadi Ansos adalah seperangkat metode atau cara untuk menemukenali suatu kondisi dengan metode yang sesuai guna menghasilkan informasi atau data yang valid” lanjut Yogi meneruskan materinya.


Materi Ansos disampaikan selama 90 menit diikuti mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Kanjuruhan Maalang (Unikama) dan Mahasiswa  magang FIA Universitas Islam Malang (Unisma).


Editor // Alim Mustofa