Relawan Pengajar SCPP | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

Relawan Pengajar SCPP

Jumat, 12 Maret 2021

Erna Al Magfiroh,ST, Yogi Eka Chalid Farobi,S.Sos, Alim Mustofa Bawaslu Kota Malang , Mahasiswa Univeristas Muhammdiyah Malang, Mahasiswa Stisospol Waskita Dharma Malang di Kantor Bawaslu Kota Batu.(9/3/21)

Alimmustofa.com - SCPP program edukasi bagi masyarakat dari Bawaslu Kota Malang, tidak saja melibatkan pihak lain sebagai peserta ajar, akan tetapi program ini juga memberikan kesempatan bagi pihak lain yang mempunyai kompetensi untuk mengajar di program short course pengawasan pemilu (SCCP) .(11/3/21).


Seperti halnya peserta SCCP yang diambil dari kalangan mahasiswa, karena Kota Malang memiliki bonus sumberdaya perguruan tinggi dalam jumlah yang banyak. Kelebihan ini menjadi salah satu potensi yang diambil oleh Bawaslu Kota Malang untuk dioptimalkan menjadi mitra stretegis dalam pengembangan program pengawasan partisipatif. Banyaknya perguruan tinggi, dengan mahasiswa ratusan ribu pertahun, menjadi peluang strategis Bawaslu Kota Malang melakukan inovasi pengembangan pengawasan partisipatif melibatkan para pihak. 


Salah satu pengembangan program di Kota Malang adalah dengan peluncuruan program pembelajaran SCPP. sebuah program inisiatif Bawaslu Kota Malang untuk berpartisipasi pada pendidikan politik, demokrasi dan pengawasan pemilu ke masyarakat. Sifat dari program ini adalah edukasi publik menekankan kerelawanan. Artinya program yang berjalan telah memasuki angkatan ke-4 sejak tahun 2020 ini tidak mengandalkan beaya atau anggaran program kantor. 


Program berbasis kerelawanan bertumpu pada semangat pengabdian dan semnangat kerelawanan setiap orang yang terlibat dalam program ini. Baik pengampu program, peserta, pelaksana dan termasuk pengajar dalam program ini. Semua unsur yang terlibat telah menyediakan diri , baik pikiran, tenaga dan ilmunya untuk siap dihibahkan dalam program ini. Sebagai contoh dijajaran pengajar di SCPP, semua pengajar tidak menerima fasilitas berupa honor, setiap pengajar hanya akan menerima sertifikat dari pelaksana program. Begitu juga dengan peserta SCCP hanya mendapatkan sertifikat sebagai tanda telah mengikuti pendidikan kepengawasan. 

Untuk angkatan ke-4 SCPP kali ini, Bawaslu Kota Malang melibatkan pengajar ekternal berasal dari  Bawaslu Kota Batu. Yogi Eka Chalid Farobi, S.Sos. Koordinator Divisi Pengawasan menyediakan diri untuk mengajar satu materi di kelas SCPP yang diikuti oleh mahasiswa UMM dan Stisospol Waskita Dharma Malang. 


Kesediaan Kordiv. Pengawasan Bawaslu Kota Batu ini semata-mata panggilan hati dan sifat kerelawanan saja dalam program pengembangan pengawasan partisipatif. Sehingga ketika ada permintaan bantuan mengajar di SCPP langsung di iyakan. Bahkan menyedikan kantornya untuk ditempati sebagai tempat belajar.(A-Liem Tan)

Editor     : Alim Mustofa

Tautan    : malangguide.com