Angkatan Pertama Short Course Pengawasan Pemilu (SCPP) Bawaslu Nganjuk | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

Angkatan Pertama Short Course Pengawasan Pemilu (SCPP) Bawaslu Nganjuk

Selasa, 16 Maret 2021

 

Peserta SCCP Bawaslu Nganjuk Angkatan Pertama Tahun 2021
 

Alimmustofa.com - Bawaslu gelar acara Short Course Pengawasan Pemilu (SCPP) Kerjasama dengan Fakultas Hukum Dan Fakultas PIAUD (Pendidikan Islam Anak Usia Dini) IAIN Diponegoro Bojonegoro dikantor Bawaslu Kabupaten Nganjuk.(15/3/21).


Program edukasi pengawasan melibatkan masyarakat terutama kalangan mahasiswa, merupakan bagian dari upaya Bawaslu untuk terus melakukan penyadaran terhadap penting pengawasan pemilu partsisipatif.

Faturahman Safii Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kabupaten Nganjuk menjelaskan, tujuan dari adalah SCPP untuk Meningkatkan animo dari mahasiswa untuk belajar tentang kepemiluan, kepengawasan, pelanggaran pemilu serta demokrasi.


Lebih lanjut Fatur menerangkan “ Target dari kegiatan Menciptakan kader-kader intelektual dalam pengawasan partisipatif yang mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang pemilu dan demokrasi ,  dan pengalaman selama mengikuti SCPP kepada lingkungan dan organisasi di Kampus maupun dimasyarakat,”.

 

Fina Lutfiana R Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran sekaligus pengajar dalam satu kesempatan melontarkan pertanyaan “ Pengalaman apa yang kalian alami selama menjadi pemilih pemula?”


Mega salah satu peserta menceritakan pengalannya saat menjadi pemilih pemula pernah mendapatkan amplo berisi uang. Menurut penuturan mega praktik politik uang secara pribadi mempengaruhi pilihannya. Setelah dia mengikuti SCPP memahami bahwa politik uang sudah menciderai proses demokrasi.


Berbeda dengan Mega, Febri mengatakan Ternyata calon yang saya pilih berdasarkan nilai uang yang tertinggi dari salah satu calon saat pemilihan 2019 melupakan janji-janjinya ,”


Peserta merasa antusias saat mengikuti SCPP karena banyak wawasan yang di dapat terkait pemilu dan semua siap untuk ikut serta dalam pengawasan partisipatif.


Pelaksanaan SCPP hari kedua ini diikuti oleh 6 mahasiswa FH HTN dan FPIAUD dari IAI Diponegoro. selama 3 Hari sejak tanggal 15 dan berakhir 17 Maret 2021 dimulai Pukul 09.00 – 16.00 WIB merupakan SCPP angkatan pertama Program Bawaslu Kabupaten Nganjuk.( A-Liem Tan )

Editor     : Alim Mustofa

Tautan    : Malangguide