Mengenali pelanggaran Pemilu di Short Course Pengawasan | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

Mengenali pelanggaran Pemilu di Short Course Pengawasan

Kamis, 27 Agustus 2020

 

Peserta Short Course Pengawasan Bawaslu Kota Malang melakukan pemetaan jenis pelanggaran pemilu
dalam kertas kerja.(26/8/20)

Alimmustofa.comMengenalkan pelanggaran pemilu kepada peserta short course pengawasan merupakan menu wajib pada program kursus singkat ini. hal ini agar peserta memperoleh pemahaman yang utuh tentang pelanggaran, jenis pelanggaran dan bagaimana  mencegah potensi pelanggaran yang dapat dilakukan oleh pengawas partisipatif masyarakat.


Memasuki materi pengawasan sesi -2, peserta diberi materi terkait jenis-jenis pelanggaran pemilu serta bagaimana mendalami dugaan pelanggaran agar bisa ditindaklanjuti oleh pengawas pemilu Ketika dilaporkan oleh pelapor.


Eko Hadi Purwanto staf Pengawasan Bawaslu Kota Malang menyampaikan materi jenis jenis pelanggaran pemilu dihadapan 6 orang peserta yang berasal dari mahasiswa Fakulta hukum Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Peserta tidak saja dikenalkan jenis pelanggaran pemilu, lebih jauh diajak melakukan pemetaan pelanggaran pemilu dengan membuat kertas kerja masing-masing peserta melakukan mapping satu jenis pelanggaran.


“ peserta diberikan tugas untuk mapping pelanggaran administrasi, pelanggaran kode etik, pelanggaran pidana pemilu dan pelanggaran undang-undang lainnya dituangkan dalam kerta plano. Tugas selanjutnya adalah peserta akan melakukan pemetaan pelanggaran mulai mengenali syarat formil dan materiil, dasar hukum, pasal yang dilanggar baik di undang-undang , peraturan KPU atau undang-undang laiinya,” terang Hendrik panggilan akrab eko hadi.


Hasil kerja peserta selanjutkan dipaparkan dihadapan peserta dan pemateri untuk kemudian dilakukan revew oleh Alim Mustofa Koordinator Pengawasan Bawaslu Kota Malang. Hal ini agar setiap hasil pemetaan pelanggaran oleh peserta dipahami betul apakah pelanggaran atau bukan pelanggaran.

Alim Mustofa Koordinator Pengawasan Bawaslu Kota Malang melakukan revew hasil pemetaan pelanggran pemilu peserta short course pengawasan pemilu.

“ Dengan metode seperti ini diharapkan peserta secara aktif mampu menggali kemampuanya untuk memahami materi yang disajikan oleh pengajar atau narasumber. Short course pengawasan mengedepankan pendekatan ajar Andragogik, mengingat pesertanya adalah mahasiswa atau kalangan milenial,” ungkap Alim.


Faiq Zahra mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang merupakan salah satu peserta short course pengawasan mengatakan “ banyak poin yang kami dapat, di Bawaslu selain kita diajari langsung secara praktek.tapi kami juga mempresntasikan hasil analisis kasus. Jadi itu yang bikin kita faham betul materi nya .”

Editor        // ALIM MUSTOFA