Simulasi Mediasi Sengketa Pemilu di Short Course Pengawasan Pemilu | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

Simulasi Mediasi Sengketa Pemilu di Short Course Pengawasan Pemilu

Rabu, 26 Agustus 2020

Rusmifahrizal Rustam,SH Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kota Malang, saat menyampaikan materi simulasi mediasi sengketa pemilu di Short Course Pengawasan Bawaslu Kota Malang. (26/8/20)

Alimmustofa.com Pengenalan tugas Bawaslu kepada peserta Short Course Pengawasan Pemilu di Bawaslu Kota Malang, tidak saja pada tekstual materi tentang kebawasluan, pengawasan, penindakan pelanggaran. Akan tetapi peserta juga diperdalam materi sengketa khususnya penyelesaian dengan melalui mediasi melalui simulasi mediasi.

Penyampaian materi sengketa melalui simulasi mediasi merupakan salah satu metode ajar yang disusun oleh Alim Mustofa Koordinator Pengawasan Bawaslu Kota Malang selaku inisiasi program. Hal ini bertujuan agar setiap peserta short course mampu memahami secara utuh materi yang diterima dengan cara praktik langsung penyelesaian sengketa dengan mediasi.

Rusmi Fahrizal Rustam Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kota Malang mengatakan “ Pemahaman mahasiswa magang dari UIN tentang Mediasi dan Adjudikasi cukup baik dan mampu mencernanya dengan baik. Untuk mediasi pada umumnya sudah cukup paham garis besarnya, hanya adjudikasi yang belum mengerti cara beracaranya,”.

sementara secara aktif peserta mengikuti sesi simulasi mediasi ini dengan memainkan peran yang ditugaskan oleh Rusmifahrizal kordiv. sengketa.

“Selama di Bawaslu pemahaman mediasi hanya sebagai teori dan informasi tetapi hari ini teori dan informasi yang saya terima di implementasikan secara riil dan berpraktek layaknya mediasi saat berperkara,pengalaman baru sih untuk berpraktek dalam sengketa dengan cara mediasi, ungkap Khidir Maulana Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim salah satu peserta short course pengawasan.

Mahasiswa Fakulats Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang peserta Short Course Pengawasan Pemilu pada sesi materi simulasi sengketa pemilu melalui Mediasi di ruang Meeting Bawaslu Kota Malang Jl. Teluk Cendrwasih No. 1 Arjosari Malang

Short Course Pengawasan Pemilu Bawaslu Kota malang merupakan program yang digagas dilaksanakan secara rutin setiap bulan dengan peserta umum dan waktu pelaksanaan kondisional.

Editor     // Alim Mustofa

Tautan    // Rumah Hukum