Merawat Sejarah Kota Membangun Peradapan | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

Merawat Sejarah Kota Membangun Peradapan

Kamis, 04 April 2024



Alimmustofa.com - Banyak cara untuk menyampaikan ucapakan syukur dan kritik terhadap lingkungan pada  perjalanan proses pembangunan dari waktu-ke waktu, baik itu capaian atau mungkin stagnasi perjalanan suatu kota. 


1 April 2024 merupakan hari penanda Kota Malang ditetapkan sebagai hari jadi yang dulu terkenal dengan julukan Paris of Java, Kota Bunga dan Kota Pendidikan. Di usia ke 110 tahun ini tentu telah banyak mengalami perjalanan panjang estafet kepemimpinan politik dan capaian pembangunan dari tiap periode. 


Di ulang tahun ke 110 ini , Ir.Budi Fatony, MTA memberikan potret sebagai ungkapan peringatan hari jadi kota Malang dengan tag line "Membangun peradaban dari makna Al" sebagai berikut ;


Kesadaran Moral: integritas, kejujuran, dan tanggung jawab dalam setiap tindakan dan keputusan.


Empati dan Keadilan: Akhlak yang baik  terhadap sesama manusia


Kerjasama dan Keharmonisan: Masyarakat yang dibangun di atas dasar akhlak yang baik akan cenderung mendorong kerjasama dan keharmonisan.  menciptakan lingkungan yang inklusif dan saling mendukung.


Pendidikan Moral: Membangun pendidikan moral yang kuat. memastikan nilai-nilai etika dalam membangun masyarakat yang beradab.


Konservasi Lingkungan:  aspek akhlak yang penting terhadap lingkungan.


Penghormatan terhadap Kebudayaan dan Keanekaragaman: Masyarakat yang beradab akan menghargai perbedaan budaya, agama, dan latar belakang kelompok.


Dengan demikian, membangun peradaban dari sudut pandang akhlak melibatkan penciptaan masyarakat yang tidak hanya maju secara teknologi, tetapi juga berbudaya, beradab, dan memprioritaskan kebaikan bersama.


Editor     : Alim Mustofa