Workshop Implementasi MBKM Case Method Pada Mahasiswa Prodi Hukum | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

Workshop Implementasi MBKM Case Method Pada Mahasiswa Prodi Hukum

Rabu, 29 Desember 2021

 

Alim Mustofa,S.Sos.M.Ap  (tengah) Bersama Civitas Akademika Fakultas Hukum Universitas Kanjuruhan Malang


Alimmustofa.com -  Sebagai evaluasi implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)  Fakultas Hukum Universitas Kanjuruhan Malang melaksanakan Workshop Dampak Implementasi MBKM Pembelajaran Case Methode pada Mahasiswa Prodi Ilmu Hukum Fakultas Hukum di Gets Hotel Malang, rabu,29/12/21.


Workshop mengundang dua narasuber dari akademisi dan praktisi, sebagai pemateri dengan sudut berbeda. Dari akademisi hadir sebagai penyaji adalah Anindya Bidasari,SH.,M.Kn Kepala Prodi Hukum Universitas Kanjuruhan Malang, dan pemateri kedua dari  praktisi adalah Alim Mustofa,S.Sos.M.Ap Ketua Bawaslu Kota Malang.


Tema yang diangkat oleh kepala prodi Hukum adalah “ Dampak Implementasi MBKM Pembelajaran Case Methode pada Mahasiswa Prodi Ilmu Hukum Fakultas Hukum” dengan studi kasus impelentasi program Kelas Pengawasan Pemilu (KPP). Dari sisi akademik, banyak capaian yang luar biasa terhadap perkembangan mahasiswa,dimana mahasiswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran.


Sementara Alim Mustofa dalam paparanya menyampaikan, program KPP Kerjasama Bawaslu Kota Malang dengan Fakultas Hukum Universitas Kanjuruhan. Memberikan dampak yang siginifikan terhadap capaian hasil pembelajaran.


“ Membangun kesadaran kritis peserta /masyarakat akan pentingnya peran masyarakat partisipasi pengawasan pemilu/pemilihan. Selain itu tujuan yang ingin dicapai adalah Menjadikan Bawaslu sebagai Pusat Study Pengawasan Pemilu bagi masyarakat” terang Alim.


Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran KPP adalah pendekatan mix method antara pendekatan pedagogi dengan pendekatan andragogi. Pada proses ini mahasiswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran, ujar Alim meneruskan keterangannya.


Dampak positif dari Implementasi MKBP dalam case  kuliah satu semester di Bawaslu Kota Malang antara lain, Bagi Mahasiswa , Mahasiswa mampu melakukan revewe materi melalui talk show di “ Siwas TV” Bawaslu Kota Malang ( TV.YOUTUBE), mahasiwa aktif dalam proses pembelajaran dan mampu melakukan nalar Kristis diforum pembelajaran. (am-tan)

 

Editor : Alim Mustofa

Download Materi // Klik Disini