Persiapan Program KPP, Bawaslu Lakukan Rapat Koordinasi Dengan Bawaslu Jatim | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

Persiapan Program KPP, Bawaslu Lakukan Rapat Koordinasi Dengan Bawaslu Jatim

Senin, 31 Mei 2021

 

Erna Al Magfiroh,ST Krodiv.SDm - Alim Mustofa Krodiv.PHL - Iwan Sunaryo,SH Kordiv.Hukum dan Anditya Maulana Sentana,S.Si Korsek.Bawaslu Kota Malang dalam rapat daring persiapan program Kelas Pengawasan Pemilu Tahun 2021 di Kantor Bawaslu Kota Malang, Senin, 31 Mei 2021.


Alimmustofa.com – Persiapkan pelaksanaan Program Kelas Pengawasan Pemilu (KPP), Bawaslu Kota Malang mengundang Bawaslu Jawa Timur dan calon pengajar untuk lakukan persiapan pengajaran selama satu semester melalui rapat daring, senin 31 mei 2021.


Kelas Pengawasan Pemilu (KPP) adalah program edukasi pengawasan pemilu dengan sasaran mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta yang digagas oleh Bawaslu Kota Malang. Program ini penekatan pada kebutuhan akademis dan praksis, menggabungkan kebutuhan akademis dan tantangan partsiatif pengawasan pemilu oleh masyarakat secara umum.


Alim  Mustofa Koordiantor Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) menerangkan, tujuan dari program ini adalah sebagai media pembelajaran kepada public mengenai pemilu, pengawasan pemilu, kelembagaan Bawaslu, Tugas, fungsi dan kewenangan Bawaslu dalam penyelenggaraan pemilu.

Lebih lanjut Alim Mengatakan “ Tujuan lain adalah mengajak masyarakat melek pemilu dan pengawasan pemilu serta bagaimana mereka berpartisipasi dalam pengawasan pemilu secara sukarela. Dengan demikian upaya pencegahan potensi pelanggaran pemilu dapat berjalan efektif Ketika masyarakat ikut terlibat langsung dalam pengawasan partisipatif pemilu”.

Silabus Kelas Pengawasan Pemilu (KPP) Bawaslu Kota Malang  Tahun 2021 dalam rapat daring persiapan pelaksanaan program.

Sementara Aang Kunaifi,SH.MH Koordiantor Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu Jawa Timur memberikan saran, karena peserta dari KPP ini adalah mahasiswa fakultas hukum alangkah baiknya jika penekanan materi lebih menonjolkan problem-problem hukum terkait penangganan pelanggaran , problem hukum sengketa pemilu dan penyandingan putusan Mahkamah Agung dan Putusan Bawaslu terkait sengketa di beberapa daerah.


Perlu diketahui bahwa Bawaslu Kota Malang Malang  bekerja sama dengan Fakultas Hukum Univeristas Kanjuruhan Malang (Unikama) bersepakat malaksanakan pembelajaran pengawasan pemilu selama satu semester atau 16 kali pertemuan di kantor Bawaslu Kota Malang. Pelaksanaannya sendiri direncanakan bulan juni sapai dengan juli 2021 didukung oleh pengajar praktisi pemilu, akademisi dan praktisi hukum.( A-Liem Tan)

Editor    : Alim Mustofa