Penanganan Pelanggaran Pemilu Dalam SCPP | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

Penanganan Pelanggaran Pemilu Dalam SCPP

Sabtu, 06 Maret 2021

                  

Hamdan Akbar Safara,S.Sos.M.AP Koordinator Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kota Malang dalam penyampaian materi penanganan Pelanggaran Pemilu di Short Course pengawasan Pemilu.(5/3/21)


Alimmustofa.com – Penangananan Pelanggaran Pemilu dalam Sohrot Course PengawasanPemilu (SCPP) menjadi bagian penting untuk disampaikan dalam program ini kepada peserta ajar. Hamdan Akbar Safara.S.Sos.M.AP Koordinator Divisi Penanganan pelanggaran Bawaslu Kota Malang,menyampaikan ruang lingkup serta proses penanganan pelanggaran pemilu bagian pertama.,jumat, 5/3/2020.


Peserta yang berasal dari mahasiswa Universitas Muhamadyah Malang dan STISOSPOL Waskita Dharma Kota Malang, sebanyak 9 peserta tersebut selama 3 jam mengikuti materi ini mulai dari mengenali jenis-jenis pelanggaran, temuan, laporan serta legal standing laporan.


Setidaknya ada empat jenis pelanggaran dalam pemilu, yaitu pelanggaran adminstrasi, pelanggaran pidana pemilu, pelanggaran kode etik dan pelanggaran undang-undang lainnya.


Tidak hanya memaparkan terkait apa dan bagaimana ruang lingkup serta proses penanganan pelanggaran Bawaslu Kota Malang, namun Hamdan  juga menyampaikan ajakan terhadap mahasiswa magang untuk turut menjaga tegaknya hukum Pemilihan Umum serta memahami bagaimana dinamika Pemilu di Indonesia.


Melanjutkan keterangannya, Hamdan mengatakan “ Untuk mewujudkan Visi Bawaslu sebagai lembaga pengawal terpercaya dalam penyelenggaraan Pemilu Demokratis, Bermartabat dan Berkualitas, Harmonisasi dengan elemen lain sangat dibutuhkan terutama peran Perguruan Tinggi yang dimana menjadi wadah agent of change atau agen perubahan, karena pada dasarnya melakukan pencegahan jauh lebih baik,”.


"Untuk kedepannya Mahasiswa harus lebih peduli terhadap keberlangsungan Pemilihan Umum di Indonesia, hal ini berlaku secara menyeluruh terhadap semua Mahasiswa tanpa terkecuali”. tutur Hamdan menutup keterangannya.


Editor     : Alim Mustofa

Tautan    : malangguide.com