MENEBAR VIRUS PENGAWASAN PEMILU DI KALANGAN MAHASISWA | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

MENEBAR VIRUS PENGAWASAN PEMILU DI KALANGAN MAHASISWA

Kamis, 07 Januari 2021

 

Alim Mustofa Kordiv.Pengawasan Bawaslu Kota Malang memberikan materi Pengawasan di Short Course Pengawasan Bawaslu Kota Malang,(5/1/21)

Alimmustofa.com – Peningkatan kualitas pemilu dalam kontestasi lima tahunan tidak saja dilakukan oleh Bawaslu Kota Malang disaat tahapan pemilu berlangsung, akan tetapi disela-sela non tahapan adalah waktu yang tepat untuk menyemai virus pengawasan pemilu kepada kalangan mahasiswa atau semua elemen masyarakat. (5/1/21)


Salah satu program unggulan Bawaslu Kota Malang sebagai upaya peningkatan pengetahuan dan kapasitas masyarakat dalam pengawasan pemilu adalah Short Course Pengawasan Pemilu. Sasaran program ini adalah segmentasi mahasiswa, terutama mahasiswa yang sedang melakukan magang di kantor Bawaslu.

Hari ketiga Short Course Pengawasan Pemilu Bawaslu Kota Malang dengan Peserta Magang Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Widyagama Malang.

Langkah ini akan menghasilkan dua sasaran, pertama mahasiswa dapat melakukan tugas magang perkantoran tetapi juga mendapatkan materi pengetahuan tentang ke-Bawaslu-an. Sehingga diakhir masa magang, mahasiswa mendapatkan surat keterangan magang juga mendapatkan sertifikat Short Course Pengawasan Pemilu.


Beberapa materi ajar yang diberikan adalah, kelembagaan Bawaslu, Pengawasan, Sengketa, Penindakan dan kehumasan. Kelima materi ini disampaikan selama lima hari dengan durasi waktu penyampaian 2-3 jam perhari.


Short Course Pengawasan Pemilu menjadi program unggulan dalam rangka melembagakan Bawaslu Kota Malang ke publik, dan sebagai wujud kontribusi Bawaslu kepada publik, sekaligus investasi pengetahuan pengawasan pemilu sebelum tahapan pemilu dimulai. Dengan demikian  semakin banyak kegiatan ini dilakukan diharapkan akan berkontribusi pada peningkatan  kualitas pemilu kedepan, “ terang Alim Mustofa Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kota Malang.


NSNEXPRESSMALANG , Ekspedisi Lokal dengan Layanan Cepat dan Membahaagiakan


Lebih lanjut Alim menerangkan, bahwa short course pengawasan pemilu membatasi peserja ajar maksimal 7 orang. Short Course kali ini diikuti oleh mahasiswa magang dari Universita Widyagama Malang dari fakultas Hukum.


Dimateri pengawasan, peserta akan menerima fungsi pencegahan, fungsi pengawasan, jenis pelanggaran penilu dan peran pengawasan partisipatif. ( A-LIem Tan)

Editor // Alim Mustofa