KALENDER PENGAWASAN TAHAPAN PENYUSUNAN DAFTAR PEMILIH PILKADA 2020 | Alim Mustofa
Cari Berita

Advertisement

KALENDER PENGAWASAN TAHAPAN PENYUSUNAN DAFTAR PEMILIH PILKADA 2020

Rabu, 19 Februari 2020

Kalender Pengawasan Tahapan Penyusunan Daftar Pemilih Pilkada Serentak 2020

Alimmustofa.com Pengawasan tahapan penyusunan daftar pemilih di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020, memerlukan ketelitian dan kecermatan pengawas pemilu. terutama pada ketaatan tatacara prosedur pendataan dan penyusunan daftar pemilih sesuai ketentuan. 

Beberapa potensi pelanggaran bisa saja terjadi pada tahapan tersebut yang berakibat hilangnya hak pilih warga negara, atau tidak berkualitasnya data pemilih yang disusun oleh jajaran Komisi Pemilihan Umum ditingkatanya. 

Oleh sebab itu Pengawas pemilu dalam hal ini Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) perlu melakukan persiapan pengawasan pada tahapan krusial tersebut. Mengingat salah satu tugas Bawaslu adalah melakukan pencegahan terjadinya pelanggaran, maka beberapa persiapan sebelum melakukan pengawasan perlu dibuat rencana kerja pengawasan dengan menyusun KALENDER PENGAWASAN tahapan penyusunan daftar pemilih. 

Rencana kerja pengawasan dalam bentuk tabel kalender pengawasan akan sangat membantu pengawas untuk melakukan langkah-langkah yang tepat disetiap tahapan. Berikut dokumen kalender pengawasan tahapan penyusunan daftar pemilih Pilkada 2020 dapat di unduh disini download.

Semoga ini dapat membantu pengawas pemilu dalam melaksanakan tugas pengawasan di PIlkada serentak 2020. 

Editor  : Alim Mustofa 
Tautan : Malangguide