SESIBUK APAPUN, JANGAN LUPA Refreshing | Alim Mustofa
Cari Berita

Advertisement

SESIBUK APAPUN, JANGAN LUPA Refreshing

Sabtu, 14 September 2019


 

Alimmustofa.com - Rasanya tidak ada manusia yang tidak mengatakan sibuk dalam melakukan rutinitas sehari-hari, baik bekerja, study, karena tugas, atau bisnis. Ditambah lagi otak manusia terus dipacu berfikir tentang rencana, beban tugas tidak jarang membuat stress dan kesehatan dapat menurun.

Jenuh, bosan dan otak akan bekerja lambat atau bahkan mengalami stagnan sama sekali. Oleh sebab itu ada 4 alasan yang membuat otak manusia membutuhkan refreshing atau perlu disegarkan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Families and Work Institute menemukan bahwa melakukan liburan seperti pergi ke museum atau pantai terdekat merupakan hal yang penting untuk otak.

“ Universitas Negeri kota New York, menemukan bahwa laki-laki yang melakukan kegiatan libur akhir tahun dapat mengurangi resiko kematian dengan presentase kurang lebih 20%, serta kematian yang disebabkan oleh jantung sekitar 30%.”

Berikut ini 4 alasan yang membuat liburan menjadi hal yang penting bagi otak, seperti dikutip dari Myfoxorlando.com, yaitu:

1. Meningkatkan memori
Dr Russell Poldrack selaku direktur Imaging Research Center dari University of Texas di Austin menuturkan berlibur akan memberikan pengalaman baru, kondisi ini akan membuat otak merespons dengan melepaskan dopamin ke dalam hippocampus (bagian otak yang menciptakan memori atau kenangan). Hal ini akan meningkatkan memori dan membantu melindungi dari penyakit Alzheimer.

2. Meningkatkan kreativitas
Peneliti Amerika dan Perancis menemukan liburan bisa meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah, meningkatkan kesadaran akan koneksi yang terputus serta mendorong orang untuk mencoba sesuatu yang baru. Hal ini karena liburan memfasilitasi pikiran kreativitas seseorang.

3. Mempertajam konsentrasi
Peneliti dari University of Pittsburgh melaporkan orang dengan kondisi kesehatan yang serius cenderung mengambil waktu luang lebih sedikit sehingga meningkatkan kadar hormon stres. Poldrack menuturkan ketika seseorang lelah, maka korteks prefrontal akan kewalahan akibat banyaknya hormon stres dan membuat seseorang kehilangan fokus atau konsentrasi.

4. Memberikan waktu istirahat
Studi menemukan 2-3 hari setelah liburan orang akan memiliki waktu istirahat dan tidur yang lebih berkualitas, hal ini bahkan bisa meningkat hingga 80 persen. Tidur yang berkualitas bisa meningkatkan memori dan kesehatan otak.

“ Wiscons menyatakan bahwa seorang perempuan yang senang berlibur, kecil kemungkinan mengalami stress dan tekanan perasaan, begitu pula sebaliknya”.

Refresing tidak harus ke tempat wisata, misal sekedar menanam bunga di taman, menonton film, memasak, berkebun atau melakukan aktivitas hoby.

Prinsipnya “ Kebanyakan Kerja Kurang Refreshing makan akan mudah sakit, sebaliknya kebanyakan refreshing kurang kerja maka akan kurang kreatif” he he he ( A-Liem Tan )

Sumber           : Goodtimes.ID dan Detik.Healt.com