PETA POLITIK KOTA MALANG DI PEMILU 2019 | Alim Mustofa
Cari Berita

Advertisement

PETA POLITIK KOTA MALANG DI PEMILU 2019

Kamis, 30 Mei 2019



Alimmustofa.com – Pemilihan umum merupakan instrument suksesi politik dalam suatu system demokrasi yang secara konstitusional diatur undang-undang. Suksesi politik tersebut terjadi baik dilevel nasional maupun level daerah dalam setiap lima tahun untuk menentukan siapa yang berkuasa dalam pemerintahan ditentukan oleh perolehan suara hasil pemilu.

Konstalasi politik di Kota Malang pasca pemilu tahun 2019 terjadi pergeseran perolehan suara tingkat Kota. Ada beberapa partai politik yang meningkat perolehan suaranya ada juga yang menurun perolehan suaranya dibanding pemilu tahun 2014.

Berikut perolehan suara partai politik Kota Malang tahun 2019, sebagai berikut;


Ada 2 partai memperoleh suara nol, hal ini disebabkan kedua partai tersebut yaitu PKPI dan Partai Garuda di Kota Malang dicoret oleh KPU Kota Malang. Sehingga perolehan suara kedua partai dianggap tidak sah dalam rekapitulasi penghitungan dan perolehan suara ditingkat Kota.

Partai Garuda merupakan partai baru dalam pemilu 2019, sementara PKPI adalaah partai yang pernah ikut dalam kontestasi pemilu tahun 2014 dan lolos ditahun 2019 melalui gugatan di PTUN tanggal 11 April 2018.


Jika menilik pemilu tahun 2014, PDIP dan PKB masih bertahan sebagai partai dengan perolehan suara peringkat pertama dan kedua.

Berikut, perbandingan perolehan suara pemilu tahun 2014 partai politik Kota Malang.

Jika perolehan suara pemilu tahun 2019 dirangking berdasarkan perolehan suara tertinggi sampai kebawah berikut peringkat hasil Perolehan suaar pemilihan umum legislative DPRD Kota Malang tahun 2019.
 
Dengan perolehan diatas, sudah dapat dipastikan ada pergeseran perolehan kursi terutama PKS, Gerindra dan Nasdem yang perolehannya meningkat signifikan.(A-Liem Tan)