Kerajinan Bunga Sabun | Alim Mustofa
Cari Berita

Advertisement

Kerajinan Bunga Sabun

Alim Mustofa
Sabtu, 28 April 2018

AlimMustofa.com - Bunga biasanya disukai seorang wanita atau disukai banyak orang untuk digunakan sebagai hiasan atau aksesoris untuk memperindah sesuatu. Bahkan ada jenis bunga yang memiliki ciri khas tertentu menjadi koleksi para kolektor bunga seperti bunga anggrek , bunga mawar merah, bunga tulip dan masih banyak lagi.

Diera modern ini untuk memperindah ruangan, hiasan dinding atau dekorasi resepsi tidak menggunakan bunga hasil dikebun tetapi dengan bunga buatan. Ada bunga buatan yang bahannya berasal dari kertas, dari daur ulang, bahan dari plastic dan masih banyak lagi.

Dalam rubrik ini, penulis akan membahas bunga buatan berbahan sabun mandi, pertanyaannya bagaimana mungkin?..

Tidak ada yang tidak mungkin dalam dunia ini, sepanjang kita punya kemauan untuk selalu berinovasi mencari sesuatu yang baru. Contohnya adalah apa yang dilakukan oleh Yuliati seorang ibu rumah tangga yang berasal dari Kelurahan Pandanwangi Kota Malang. Ditengah kesibukanya mengurus rumah tangga, ibu tiga anak ini selalu menyempatkan diri untuk membuat keterampilan tangan yang merupakan hobinya.

Kali ini Yuli panggilan akrbanya, mencoba mempelajari tutorial dari youtube cara membuat bunga dari bahan sabun mandi. Setelah melihat tutorial tersebut, Yuli mengumpulkan bahan – bahan yang dibutuhkan antara lain; sabun mandi, air, lem kayu, tepung, pewarna kue, sedotan, manik-manik, tusuk sate/bambu dan kawat jika diperlukan. Tentunya bahan yang pakai adalah merupakan formula yang telah diperbaharui untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Sedangkan alat yang dibutuhkan adalah pasrah kue, mangkuk, telenan, sendok makan.
Langkah-langkah  membuat bunga sabun :
Langkah Pertama adalah sabun dihancurkan dengan pasrah kue sampai halus, selanjutnya pasrahan sabun tersebut dihaluskan dengan tangan sampai menjadi butiran, butiran tersebut dicampur dengan tepung dan 4 sendok makan sambil dikepal-kepal. Kemudian adonan sabun mandi tersebut dicampurkan dengan lem kayu secukupnya, kemudian diolah lagi dicampur dengan pewarna kue sampai menjadi bahan yang telah siap untuk diolah. Bahan siap diolah ketika adonan tersebut sudah menyerupai lilin atau malam yang tidak lengket ditangan.

Langkah kedua adalah membuat daun bunga sesuai keinginan kita, misal membuat bunga mawar.

Ambil bahan tadi secukupnya untuk membuat kuncup bunga yang dibentuk sesuai dengan bentuk aslinya kemudian ditancapkan diujung tusuk sate atau kawat. Berikutnya adalah membuat daun bunga mawar dengan membetuk bulatan layaknya kelereng, bahan tersebut di glender dengan telapak tangan. Selanjutnya bulatan tersebut dipipihkan dengan ketebalan 0,2 cm untuk memudahkan membuat daun bunga tersebut. (A-Liem Tan)

Selamat mencoba ….. sukses selalu.


Jika berminat dapat hubungi Yuliati di 
HP/WA: 081 333 154 377 
Website: www.yuliashopngalam.com