AUDIENSI BARIKADE GUS DUR BERKAITAN PENYEBARAN TABLOIT KBANEWSPAPER | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

AUDIENSI BARIKADE GUS DUR BERKAITAN PENYEBARAN TABLOIT KBANEWSPAPER

Sabtu, 24 September 2022

 



Siaran Pers Bawaslu Kota Malang

24 September 2022

 

 AUDIENSI BARIKADE GUS DUR BERKAITAN PENYEBARAN TABLOIT KBANEWSPAPER

 

Bawaslu Kota Malang -  Beredarna tablot Kbanewspaper tanggal 16 Septeber 2022 di Masjid Al Amin Jalan Pelabuhan Tanjung Perak, Kelurahan Bakalankrajan, Sukun, Kota Malang, menyebabkan reaksi dari beberapa elemen masyyarakat di Kota Malang.


Berkenaan hal diatas, Bawaslu kota malang pada hari sabtu, 24 september 2022 menerima kedatangan dari Barikade Gus Dur dengan tujuan audiensi atau diskusi berkaitan dengan adanya peristiwa penyebaran Tabloit tersebut.


Beberapa hal yang disampaikan oleh perwakilan Barikade Gus Dur adalah;

1.    Keersahan sebagaian masyarakat terhadap dampak penyebaran tabloid Kabnewspaper tersebut yang dikhawatirkan akan mengganggu ketenangan, kerukunan di Kota Malang.

2. Kekhawatiran Barikade Gus Dur, penyebaran tabloit diatas akan menimbulkan kegaduhan yang mengarah terjadinya politisasi sara, politik identitas yang akan berdampak pada perpecahan di elemen masyarakat.

3.   Meminta tanggapan Bawaslu Kota Malang berkaitan dengan penyebaran tabloid yang dilakukan ditempat ibadah.

4.    Mengharapkan adanya tindakan pencegahan yang dilakukan oleh Bawaslu Kota Malang agar kedepan tidak terjadi hal hal yang mengganggu ketrentaman masyarakat pada saat tahapan pemilu mendekati masa kamoanye.

 

Menanggapi hal diatas, Bawaslu Kota Malang menyampaikan hal-hal sebagai berikut :

1.   Bawalu Kota Malang mengapresiasi kehadiran Barikade Gus Dur dengan hadirnya di Bawaslu Kota Malang dalam rangka audiensi atau tukar pendapat berkaitan dengan penyebaran tabloid diatas.

2. Bawaslu Kota Malang selanjutnya menjelaskan terkait tugas, pokok, fungsi dan wewenang Bawaslu berdasarkan UU nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum.

3.   Bawaslu menjelaskan kepada Barikade Gus Dur berkenaang dengan dengan kampanye, metode kampanye, larangan kamoanye, peserta pemilu, pihak yang berhak melaporkan adanya dugaan pelanggaran pemilu berdarakan UU pemilu dan peraturan Bawaslu.

4.   Bawaslu Kota Malang dalam rangka pencegahan telah melakukan beberapa kegiatan diantarnya adalah program-program pembelajaran pengawasan pemilu dengan sasaran masyarakat dan mahasiswa, melakukan sosialisasi.

5.    Bawaslu Juga akan melakukan koordinasi dengan para pihak berkaitan dengan hal-hal diatas.

6.    Bawaslu kota malang menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan audiensi dari Barikade Gus Dur.

 

Bawaslu Kota Malang mengajak semua elemen masyarakat untuk Bersama-sama mengawal proses penyelenggaraan pemilu 2024 khususnya di kota malang, agar dalam pelaksanaan pemilu 2024 berjalan dengan baik sesui dengan ketentuan undang – undang oemilu.