WEBSKUSI DARING SKPP BAWASLU RI | Alim Mustofa
Cari Berita

Advertisement

WEBSKUSI DARING SKPP BAWASLU RI

Rabu, 10 Juni 2020


Webskusi Daring Sesi -7 SKPP RI ( Kota Malang, Kab.Malang & Kab.Blitar)

ALIMMUSTOFA.COM -  Sekolah Kader Pengawasan Pemilu merupakan program unggulan Bawaslu Republik Indonesia terus dilaksanakan ditengah pandemic covid-19 masih terus mewabah. Hal ini menunjukan komitmen dari jajaran Lembaga pengawas pemilu untuk terus melakukan penguatan kapasitas pengetahuan pengawasan oleh masyarakat terhadap proses penyelenggaraan demokrasi Pilkada serentak tahun 2020.

Meski sejatinya SKPP dilaksanakan dengan metode tatap muka, akan tetapi karena sekarang telah terjadi bencana nansional wabah covid-29 yang tidak saja melanda Indonesia tetapi juga keseluruh dunia, maka Bawaslu RI mengubah strategi pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran SKPP daring dengan materi dan metode yang telah disesuaikan dengan kompetensi yang telah distandarisasi.

Beberapa tahapan telah dilaksanakan antara lain : pendaftaran peserta, penelitian administrasi, pengumuman penerimaan lolos seleksi, pembukaan SKPP, pembelajaran melalui daring dalam waktu 30 hari selama bulan awal April sampai dengan awal mei 2020. Metode yang dipakai adalah peserta diberikan materi tutorial, video youtube dan sesi pendalaman untuk penilaian.
Pada sesi selanjutnya peserta akan terseleksi dengan nilai minimal kelulusan untuk selanjutnya mengikuti kelas webskusi daring dengan pemateri dari anggota Bawasu Jawa Timur. Kelas webskusi daring dibagi menjadi beberapa sesi disesuiakan dengan jumlah peserta masing-masing Kabupaten/kota. Hari ini 10 juni 2020 kelas webkusi SKPP memasuki sesi 7 yang akan diikuti 136 peserta SKPP Kota Malang (30 Orang), Kabupaten Malang (56 Orang) dan kabupaten Blitar (50 Orang).

Pemateri dalam webskusi sesi 7 akan langsung disampaikan oleh Totok Suharion,SH koordinator penyelesaian sengketa Bawaslu Jawa Timur mulai jam 10.00 – 12.00 wib. Selain peserta SKPP webskusi kali ini juga akan diikuti oleh Bawaslu kabupaten/kota se-Jawa Timur.(A-Liem Tan)