Flasback : LELAH SAAT JEDA PENGAWASAN REKAP PEMILU | Alim Mustofa
Cari Berita

Advertisement

Flasback : LELAH SAAT JEDA PENGAWASAN REKAP PEMILU

Sabtu, 28 September 2019




Alimmustofa.com  -  Sisi lain dari tugas penyelenggara pemilu dalam tahapan penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2019, Nampak petugas pengawas kelelahan saat jeda rekapitulasi.

Pelaksanaan rekapitulasi yang cukup Panjang tidak saja dialami oleh jajaran komisi pemilihan umum, tetapi juga dialami oleh staf Bawaslu Kota Malang saat melakukan tugas pengawasan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilu di HARRIS Hotel & Conventions Malang tanggal 4-5 Mei 2019.

Tampak kelima staf Bawaslu menyempatkan diri tidur dibawah kursi disaat semua peserta ISHOMA di jeda rapat pleno. Letih dan lelah menggelayuti staf yang berhari-hari melakukan tugas pengawasan pleno rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019 oleh KPU Kota Malang di Harris Hotel & Conventional Malang.

Rapat pleno menempati Hall yang cukup besar dengan fasilitas yang cukup nyaman didukung oleh dinginnya AC ruangan yang cukup dingin, menambah rasankantuk menghinggapi setiap peserta rapat juga penyelenggara pemilu. Berhari-hari selama tahapan kampamye sampai pungut hitung mereka terus bekerja siang – malam untuk memastikan setiap tahapan pemilu berjalan sesuai peraturan kemepiluan.


Enam staf pengawasan Bawaslu ini terus optimal mendampinhgi Pimpinan Bawaslu disemua tahapan yang diawasi untuk memberikan dukungan tehnis. Sebuah pekerjaan yang memerlukan energi yang besar, melihat tahapan pemilu tahun ini begitu ketat dan berhimpitan dengan pilkada.

Namun tanpa mengenal kata “ Mengeluh “ setiap hari – siang - malam mereka hanya berfikir akan tugas yang harus dikerjakan. Ikut mengawasi setiap tahapan, merekapitiulasi dan menganalisa hasil pengawasan, menyajikan data hasil pengawasan, pekerjaan administrasi terkait dengan pengasan dan menyusun laporan hasil pengawasan. Totalitas itulah prinsipnya dalam melaksanaan pekerjaan sesuai jobdis nya.

Jeda waktu pasca hari pemungutan suara, rekap di tingkat kecamatan, sampai rekap kota, pengawas melakukan penajaman hasil pengawasan untuk menemukan potensi pelanggaran disetiap tahapan hasil pengawasan.

Rangkaian kegiatan pengawasan yang cukup panjang dan padat ini tentu banyak menguras tenaga, apalagi disaat tahapan pemilu berjalan, tidak mengenal hari libur nasional atau hari minggu.

Pengawasan rapat pleno Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilihan Umum Tahun 2019 di Kota Malang ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 4-6 Mei 2019 dimulai pukul 09.00 dan berakhir pukul 23.00 wib untuk hari pertama, kemudian dihari kedua dimulai pukul 09.00 berkahir pukul 01.00 dini hari.

Sebuah tahapan pengawasan yang cukup panjang, rekap selama 2 hari memakan waktu hampir 30 jam. Rasa lelah tak terhindarkan, 5 orang staf memanfaatkan jeda 60 menit waktu istirahat (ISHOMA) tengah hari. (A-Liem Tan)