PEROLEHAN SUARA PILPRES | Alim Mustofa
Cari Berita

Advertisement

PEROLEHAN SUARA PILPRES

Sabtu, 04 Mei 2019



Alimmustofa.com – perolehan suara pemilihan presiden ditentukan hari ini oleh KPU Kota Malang dalam rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilu tahun 2019 di di HARRIS Hotel & Conventions Malang.(4/5)

Rapat pleno yang dimulai sejak tanggal 3 mei ini baru berakhir 4 mei ini dihadiri oleh saksi partai, saksi DPD dan saksi pasangan calon presiden.

Secara umum proses rekapitulasi berjalan lancar dan kondusif, hal ini ditandai dengan tidak banyaknya keberatan saksi. Hanya satu keberatan saksi yang disampaikan oleh salah satu saksi partai politik dan beberapa saran dari Bawaslu Kota Malang.

Dari hasil rekapitulasi hasing penghitungan perolehan suara pemilihan presiden, pasangan nomor urut 01 ( Jokowi – Amin Ma’ruf) memperoleh suara yang mengungguli pasangan calon nomor urut 02  ( Prabowo-Sandi) selisih 34, 6 persen.


 

 


Partisipasi pemilih dalam pemilihan presiden 2109 mencapai 81 persen, hal ini ditenggarai respon masyarakat pemilih cukup tinggi. Banyaknya pindah pilih dari luar kota ke Kota Malang menyumbang peningkatan partisipasi pemilih yang sejatinya di targetkan 77,5 persen oleh KPU.

Pindah pilih di Kota Malang didominasi oleh kalangan mahasiswa dari berbagi kampus, santri di beberapa pesantren dan pemilih yang berkarir di Bumi Arema ini. (A-Liem Tan)