Bantu Kami Awasi Pemilu | Alim Mustofa
Cari Berita

Advertisement

Bantu Kami Awasi Pemilu

Rabu, 27 Februari 2019

AlimMustofa.com – pengawasan pemilu dapat dilakukan oleh semua pihak, baik individu maupun kelembagaan dengan syarat yang diatur dalam ketentuan perundang-undangan pemilu.
Alimmustofa ketua Bawaslu Kota Malang dalam pemaparan materi disekolah Keadilan menyampaikan.

"Peran masyarakat dalam pengawasan penyelenggaraan pemilu sangat penting, hal ini untuk mendukung agar pelaksanaan pemilu mencapai kualitas hasil pemilu yang memperoleh legitimiasi public," ungkap alim.

“Agar pemilu berintegritas, diperlukan empat syarat yaitu regulasi yang baik dan berkeadilan, integritas penyelenggara, integritas kontestasi dan integritas pemilih. Empat hal ini pada pelaksanaannya juga harus didukung oleh nilai norma -norma yang lain, sehingga akan diperoleh kualitas demokrasi yang prosedural administrative juga demokrasi yang menuju subtantif,” sambung Alim.

“Bisa jadi regulasi nya baik tetapi implementasinya yang tidak baik, oleh sebab itu bantu kami untuk awasi semua tahapan pemilu, sebab semakin banyak yang mengawasi saya yakin semua yang berkempentingan dengan pemilu akan hati-hati untuk melakukan pelanggaran," jelasnya.

"Selain peserta pemilu yang diawasi, juga awasi kami selaku penyelenggara, untuk memastikan bahwa setiap penyelenggara baik Bawaslu maupun KPU agar berhati-hati dan professional dalam melaksanakan tugas,” tutup Alim.

Diskusi pemilu yang diselenggarakan oleh Rumah Keadilan ini diikuti oleh peserta didik sekolah keadilan di kantor jalan kembang kertas Kota Malang. (A-Liem Tan)