Bawaslu Awasi Singkronisasi Data Pemilih Sampai Subuh | Alim Mustofa
Cari Berita

Advertisement

Bawaslu Awasi Singkronisasi Data Pemilih Sampai Subuh

Alim Mustofa
Selasa, 13 November 2018


AlimMustofa.com – Penyempurnaan data pemilih pasca penetapan DPT masih terus dilakukan oleh KPU. Hal ini berdasarkan rekomendasi Bawaslu Republik Indonesia setelah menemukan banyaknya persoalan daftar pemilih hasil pengawasan Bawaslu kabupaten/kota se-Indonesia. (13/11)

Perbaikan data pemilih di Kota Malang dilakukan setelah waktu 60 hari berakhir sebagaimana ditetapkan oleh KPU RI. Sebelum dilakukan rapat pleno penetapan DPTHP-2 , KPU Kota Malang mengundang Bawaslu dan Partai Politik melakukan singkronisasi data pemilih hasil perbaikan pasca penetapan di PPK kecamatan.

Sesuai undangan rapat koordinasi singkronisasi data dilaksanakan pukul 12.00 wib, akan tetapi proses singkronisasi data dimulai pukul 14.13 wib setelah data telah siap.

Dalam rapat koordinasi singkronisasi data, disampaikan hasil pencermatan DPTHP-1 dan data coklit DP4 non DPT dari KPU RI. Penyampaian hasil percermatan data berdasarkan hasil pleno ditingkatan PPK. 

Proses singkronisasi data terkendala data unduhan dari Sidalih yang bergantian, sehingga memakan waktu yang cukup lama. Singkronisasi data yang seharusnya selesai lebih cepat ternyata tidak dapat dilakukan.

“ Hingga pukul 24.00 wib, masih beberapa kecamatan belum selesai upload dataDPTHP 2 pasca penetapan di PPK. Kecamatan Kedungkandang terutama di 2 kelurahan terkhir pukul 04.35 subuh baru selesai upload,” terang Alim Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kota Malang.

Singkronisasi data yang dimaksud adalah pencocokan data perbaikan DPTHP-1 dan pemilih baru dalam DP4 non DPT yang berasal dari KPU RI. Data DP4 non DPT di Kota Malang adalah 64.781 pemilih dengan rincian pemilin laki-laki 31.262 dan perempuan 33.519 pemilih.

Tim pengawasan Bawaslu beserta Panwascam terus melakukan pengawasan sekaligus pencermatan data DPTHP-2 hingga pukul 05.00 wib pagi hari.Panwascam kecamatan Kedungkandang memberikan rekomendasi atas temuan data ganda dan invalid data DPTHP kepada PPK untuk segera ditindak  lanjuti sebelum penetapan DPTHP-2 ditingkatan KPU Kota senin pukul 12.00 wib. (A-Liem Tan)