BANGKAI SEMUT DALAM AIR ATAU MAKANAN | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

BANGKAI SEMUT DALAM AIR ATAU MAKANAN

Sabtu, 01 Februari 2020

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

 Lanjutan Kajian Fiqih

BANGKAI SEMUT DALAM AIR ATAU MAKANAN

Hewan yang tidak memiliki darah yang mengalir seperti semut, lalat dan lainnya ketika jatuh ke dalam air atau bercampur dengan makanan dan kemudian ia mati di dalamnya, maka bangkai semut tersebut tidak menjadikan air atau makanan tersebut najis. Air dan makanan tersebut tetap dihukumi suci dan halal untuk diminum atau dimakan.

Namun demikian, jika bangkai semut tersebut banyak sehingga mengubah warna, rasa dan bau air atau makanan tersebut, maka air atau makanan tersebut dihukumi najis. Begitu juga jika semut tersebut sengaja dilemparkan ke dalam air atau makanan, maka air atau makanan tersebut dihukumi najis.

Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Syaikh Ibrahim Albajuri dalam kitabnya Hasyiyatul Bajuri berikut;

ولا يُعفى عن شيء من النجاسات إلا اليسير من الدَم والقيْح فَيُعفى عنهما فى ثوب أو بدن، وتصحُ الصلاة معهما و إلا ما أي: شيء لا نَفْسَ له سائلة كذباب ونمل إذا وقع في الإِناء ومات فيه فإنَّه لا يُنَجِّسه…. وأفهم قوله وقع أي: بنفسه أنَّه لو طرح ما لا نفس له سائلة فى المائع ضر… وإذا كثرت ميتة ما لا نفس له سائلة وغَيَّرتْ ما وقعت فيه نجّسته

“Dan tidak dimaafkan dari sesuatu yang najis kecuali sedikit darah dan muntah, maka keduanya dimaafkan jika terkena baju atau badan dan sah melakukan salat bersama sedikit darah dan muntah tersebut. Begitu juga dimaafkan hewan yang tidak memiliki darah yang mengalir ketika jatuh ke dalam wadah dan mati di dalamnya, maka ia tidak menjadikan wadah tersebut najis. Perkataan ‘jatuh’ berarti jatuh dengan sendirinya. Karena itu, jika hewan yang tidak memiliki darah yang mengalir tersebut dilemparkan ke dalam cairan, maka menjadikan cairan itu najis. Dan jika banyak bangkai hewan yang tidak memiliki darah yang mengalir tersebut hingga mengubah benda yang dihinggapi, maka benda tersebut menjadi najis.”
Ustad Asep Hidayatulloh
Dengan demikian, air atau makanan yang tercampur bangkai semut tidak najis jika memenuhi dua syarat. Pertama, semut tersebut jatuh sendiri, bukan dilemparkan. Kedua, sedikit dan tidak merubah warna, rasa dan bau air atau makanan tersebut.

والله أعلم بالصواب وإليه المرجع والمآب

Al-Faqir Asep Hidayatulloh
Editor    : Alim Mustofa