Tari Kabale Untuk BAWASLU | Alim Mustofa
Cari Berita

Advertisement

Tari Kabale Untuk BAWASLU

Alim Mustofa
Minggu, 09 September 2018


AlimMustofa.com - Rapat kerja evaluasi Bawaslu RI terkait pelaksanaan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2018 berlangsung di Manado Sulawesi Utara di buka dengan sambutan tari Kabale.(8/9/2018)

Tari yang berasal dari Gorontalo Sulawesi Utara ini merupakan tarian adat dan budaya khas daerah yang dipersembahkan untuk menyambut tamu dari luar daerah.

Tiga penari di iringi oleh lima orang pemain alat musik daerah ini, menampilkan tarian derah ini dengan cukup atraktif dihadapan Ketua Bawaslu RI. Tari kabela mengungkapkan bagaimana peran masyarakat untuk menyambut tamu yang dihormati yang berkunjung ke daerah Bolaang Mongondow.

Tari kabela mengungkapkan bagaimana peran masyarakat untuk menyambut tamu yang dihormati yang berkunjung ke daerah bolaang mongondow. Dalam pertunjunkanya dapat dilihat bagaimana penyambutanya, kabela ini merupakan alat untuk menempatkan sirih dan suguhan untuk para tamu.

Tetapi dalam perkembanganya di dalam kabale bukan lagi sirih yang diletakkan, tetapi bunga yang akan ditaburkan dihadapan tamu sebagai pertanda ungkapan selamat datang. Hal ini menandakan betapa masyarakat adat ini sangat memuliakan hubungan yang baik dengan tamunya.

Ketua Bawaslu RI, Abhan.SH tidak ingin menyia-nyiakan moment ini, dengan camera handphonenya mencoba mengabadikan suguhan tari kabale merekam video dan memotret setiap gerakan tarian daerah ini. Undangan kehormatan yang juga tampak melakukan hal yang sama, memotret dan merekam tarian ini dengan handphone masing-masing. (A-Liem Tan)