UU Tentang PILKADA Dalam Satu Naskah | Alim Mustofa
Cari Berita

Advertisement

UU Tentang PILKADA Dalam Satu Naskah

Alim Mustofa
Sabtu, 28 Juli 2018



AlimMustofa.com - Membaca peraturan perundang – undangan bukanlah sesuatu yang mudah. Selain bahasa dan struktur, dalam hal Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah tantangan ini bertambah dengan perubahan – perubahan terhadapundang – undang yang mengaturnya.
 Dokumen ini disusun untuk membantu pemahaman terhadap pengaturan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di tingkat undang – undang.

Dokumen ini tidak hendak untuk menggantikan pengaturan yang di dalam undang – undangnya, oleh karena itu disandingkan pula undang – undang yang mengatur tentang pemilihan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Hal ini diharapkan agar pembaca dapat merujuk kepada dokumen resmi bilamana diperlukan.

Dokumen ini merupakan kompilasi, atau kodifikasi terhadap pengaturan tentang Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Untuk dapat memahaminya maka perlu diketahui bahwa :
  • Tulisan yang bewarna hitam menunjukkan pengaturannya di dalam Undang – undang  nomor 01 tahun 2015
  • Tulisan yang bewarna hijau menunjukkan pengaturannya di dalam Undang – undang nomor 08 tahun 2015
  • Tulisan yang bewarna orange menunjukkan pengaturannya di dalam Undang – undang nomor 10 tahun 2016

 Atas dasar itu, maka akan lebih baik jika dokumen ini dicetak berwarna untuk dapat melihat asal muasal daripada pengaturannya. Bahkan akan lebih baik jika masing- masing dokumen, baik itu dokumen satu naskah dan masing – masing undang – undangnya dapat dicetak dengan kertas berwarna yang berbeda untuk memudahkan penggunaannya.
Semoga dokumen ini dapat bermanfaat bagi kehidupan demokrasi di negara ini, khususnya bagi penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di Indonesia.

Kata Pengantar
Purnomo S. Pringgodigdo