Ini 5 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

Ini 5 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Jumat, 19 April 2024

Ilustrasi gambar oleh Alimmustofa.com



Alimmustofa.com -  Bumbu dapur ini menjadi kebutuhan utama ibu -ibu dalam memasak, karena bumbu yang satu ini merupakan penyedap utama dalams setiap masakan yaitu sayuran. Tak salah jika bawang putih selalu tersedia di dapur setiap rumah, mengingat kebutuhan bumbu yang satu ini cukup signifikan.


Sebagaimana telah dilansir Siloamhospital.com, ada beberapa manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh kita. Bawang putih memiliki kandungan nutrisi, Bawang putih adalah salah satu tumbuhan umbi-umbian yang sudah sangat familiar sebagai bumbu masakan, akan tetapi tahukah Anda jika bawang putih ternyata bisa memberikan manfaat lebih beragam jika dikonsumsi mentah? 


Manfaat bawang putih jika dikonsumsi mentah, diantaranya adalah kaya serat, protein, mangan, vitamin C, anti oksidan,selenium dan kalsium. Manfaat lain adalah jika dikonsumsi  mentah juga diperoleh dari senyawa sulfur yang terkandung di dalamnya.


Manfaat Bawang Putih 


1.Menurunkan Kolesterol

 Manfaat makan bawang putih mentah  dapat menurunkan kolesterol, Hal ini ditemukan dalam suatu penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan allicin dari bawang putih mampu menghambat enzim yang membentuk kolesterol. Kandungan allicin yang memiliki segudang apabila kita mau mengonsumsi bawang putih dengan dikunyah atau ditumbuk.atau 

 

2. Mengendalikan Tekanan Darah

 

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa bawang putih mentah dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik hampir sama dengan obat atenolol. Manfaat tersebut berasal dari kandungan allicin. Selain itu, kandungan polisulfida dalam bawang putih mampu memperlebar pembuluh darah sehingga tekanan darah bisa menurun.


3. Menurunkan Risiko Kanker

Bawang putih mengandung sulfur aktif yang dipercaya dapat mengatasi risiko pembentukan sel kanker sekaligus menghambat penyebarannya.


Suatu penelitian menemukan bahwa manfaat makan bawang putih mentah secara rutin dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker perut, pankreas, kerongkongan, prostat, hingga payudara.


4. Melawan Radang, Batuk dan Pilek

Bawang putih mentah juga bermanfaat mengobati flu, batuk, dan radang. Manfaat tersebut dihasilkan oleh senyawa belerang yang terbentuk ketika bawang putih dikunyah atau dihancurkan.


Apabila Anda sedang mengalami gejala flu, cara makan bawang putih mentah dipercaya mampu mengurangi keparahan gejalanya dan memacu kesembuhan lebih cepat.


5. Memperkuat Tulang

 

Manfaat lain bawang putih adalah, bawang putih paling efektif untuk menghambat pengeroposan yang menyebabkan kerapuhan tulang.  Kandungan Flavonoid yang didapat dari manfaat makan bawang putih mentah mampu meningkatkan pembentukan tulang sekaligus memperlambat pengeroposan mineral tulang. 


inilah 5 manfaat bawang putih yang berhasil dirangkum, semoga bermanfaat.


Editor     : Alim Mustofa