City Guide Radio Kawal Persiapan Pemilu 2024 | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

City Guide Radio Kawal Persiapan Pemilu 2024

Jumat, 25 Maret 2022

Latihan Liputan Lapangan peserta Sinau Jurnalis Demokrasi (SJD) Bawaslu Kota Malang, peserta yang bertugas Arini mahasiswa Unversitas Brawijaya Malang (UB) dan Danil Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) di City Guide Radio ditemui Eko Setiawan (tengah) direktur Arema Group Media Jumat, 18/3/22.

Alimmustofa.com - Media sebagai salah satu pilar demokrasi memegang peranan penting dalam menjaga kualitas demokrasi. Terutama saat kontestasi politik melalui pemilu, peranan media sangat kuat terhadap arus informasi yang beredar dan diterima oleh masyarakat. City Guide Radio sebagai salah satu elemen media punya kepedulian terhadap peningkatan kualitas demokrasi melalui program yang disiapkan menjelang tahun politik. Hal ini terungkap saat wawancara peserta Sinau Jurnalis Demokrasi (SJD) distudio jalan Baiduri Pandan Tlogomas Malang Jumat,18/3/22 lalu.


Disela-sela percakapan, Alim Mustofa, Ketua Bawaslu Kota Malang yang menjembatani kedua lembaga ini mengintroduksi program SJD kepada Eko Setyawan, Direktur City Guide Radio. Menurut Alim, praktek lapang adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh seluruh peserta SJD agar skill mereka dalam menulis dapat terasah.


“Saya harap dengan adanya kegiatan kunjungan ini, dapat melahirkan pemuda yang tanggap dan kritis terhadap proses demokrasi untuk menjadi penyeimbang informasi hoax yang selalu beredar dimasa-masa pemilihan umum,” ujar Alim.


Hujan siang itu sangat deras, hantaman petir berkilatan diatas langit daerah Tlogomas. Ditemani secangkir kopi dimasing-masing meja, Arini dan Danil mahasiswa asal Universitas Negeri Malang dan Universitas Brawijaya itu., diskusi semakin mengalir membincang tentang perbaikan kualtas demokrasi dari sisi peran media.

 

Eko Setiawan Direktur City Guide ini menjelaskan peran media massa  secara umum  dan secara khusus. Obrolan dengan lebel wawancara inti dilakukan didalam ruangan  depa studio. Dalam penjelasannya disampaikan, fungsi media adalah sebagai media kontrol social, untuk bisa memproduksi berita yang baik, kita juga harus mengenali news value dan news judgment.


“Upaya dari media radio untuk mensukseskan pemilu 2024, salah satunya perannya adalah mengedukasi masyarakat tentang pentingnya memilih. Kami sudah melakukan beberapa kali topik Talkshow itu adalah Taklshow yang tidak berbayar, tapi inisiasi dari radio untuk memfasilitasi penyelenggara pemilu, memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang itu disiarkan langsung di radio”, jelas Eko.  


Menurutnya edukasi itu berkaitan tentang pemberitahuan tentang pentingnya mencoblos pada perhelatan pemilu 2024, termasuk tahapan-tahapan singkat dalam mencoblos dan lain-lain.


Melanjutkan keterangannya, Pria asal Trenggalek Jawa Timur ini mengatakan, bahwa terdapat program pendukung lainnya yang disebut Cerdas Berdemokrasi, yaitu konsep kapsulasi program monolog yang diisi oleh penyelenggara pemilu, tokoh-tokoh, pakar, maupun akademisi yang mengisi tentang pentingnya menggunakan hak pilih. Cerdas berdemokrasi memiliki konten yang bervariatif dan tayang setiap jam dengan tujuan agar para pendengar dapat memahami isi dari pesan yang disampaikan.


“Karena radio ini bersifat sambil dan selintas, pengulangan penayangan ini bertujuan untuk menginternalisasi pesan kepada para pendengar”, ucap Eko.


Tantangan yang sering dihadapi oleh City Guide Radio dalam menjalankan program tersebut adalah , sulinyat mendapatkan narasumber yang benar-benar berkompeten dan mau tampil dimedia. Namun, hal itu dapat diatasi dengan cara membuat list prioritas narasumber primer, sekunder, dan tersier. Apabila narasumber primer tidak ada yang bersedia, maka tim City Guide Radio akan menggunakan narasumber sekunder, begitu juga seterusnya.


Pewarta        Arini Robbil Izzati Ulinnuha &   Hilman Danillah Qudsi

Editor        : Alim Mustofa