DEMOKRASI MERUPAKAN UPAYA TERBAIK DALAM SUKSESI POLITIK | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

DEMOKRASI MERUPAKAN UPAYA TERBAIK DALAM SUKSESI POLITIK

Selasa, 22 Desember 2020

Abhan,SH.MH Ketua Bawaslu Republik Indonesia dalam sambutan MOU dengan Badan Pengembangan Ideologi Pancasila 

Alimmmustofa.com – Ideologi Pancalisa merupakan landasan pembangunan demokrasi di Indonesia, oleh karena itu Bawaslu Republik Indonesia menjalin Kerjasama dengan Badan Pengembangan Ideologi Pancasila (BPIP) dalam upaya membumikan nilai-nilai Pancasila melalui kerja pengawasan pemilu.


Ketua Bawaslu RI Abhan,SH.MH dalam sambutanya menyampaikan “ Bawaslu RI menyambut baik kerjasama dengan BPIP, dalam rangka pembinaan ideologi Pancasila ditengah pembangunan demokrasi. (21/12/20)


Demokrasi merupakan upaya terbaik dalam suksesi politik, Pancasila sebagai landasan pembangunan demokrasi yang menjadi filosofi dasar system politik di Indonesia. Sehingga hal ini menjadi rujukan dalam setiap perumusan kebijakan disemua system (system Politik, Sistem Pemerintahan dan system pemilu). Hal ini dapat dilhat dari persyaratan rekruitmen politik seperti syarat pencalonan presiden, calon DPR, calon DPD harus setia kepada Pancaslia.


Demokrasi merupakan kedaulatan rakyat, prinsip demokrasi adalah ada ditangan rakyat dan tidak boleh ada upaya untuk menghalangi hak politik tersebut. Pancasila sebagai norma dasar harus menjadi nafas setiap sendi masyarakat. Pembinaan penguatan Pancasila menjadi sendi dalam pengawasan penindakan dan proses sengekta pemilu ,  Pancasila juga sebagai pedoman dalam pengawasan kedepan, tegas Abhan menutup sambutanya. (A-Liem Tan)


Editor // Alim Mustofa