CAL TAGELINE SKPP BAWASLU JATIM | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

CAL TAGELINE SKPP BAWASLU JATIM

Jumat, 23 Oktober 2020

 

Sesi Materi SKPP Bawaslu Jawa Timur di ASTON INN Kabupaten Gresik 21-23 Oktber 2020


Alimmustofa.com -  Upaya pencegahan potensi terjadinya pelanggaran pemilu maupun pemilihan merupakan  fungsi Bawaslu dalam upaya mereduksi potensi terjadinya pelanggaran pada saat tahapan pemilu atau pemiliha. Beberapa upaya yang dilakukan dalam rangka menurunkan grafik pelanggaran adalah dengan melakukan edukasi ke masyarakat melalui Sekolah Kader Pengawas Partsipatif (SKKP) oleh Bawaslu Republik Indonesia, baik melalui pertemuan tatap muka maupun SKPP daring diseluruh Indonesia.

SKPP tidak saja dilaksanakan oleh Bawaslu Republik Indonesia ,akan tetapi Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten-Kota dapat melaksanakan hal yang sama. Sekolah kader pengawasan merupakan bagian edukasi penyadaran masayarakat akan pentingnya keterlibatan masyarakat untuk bersama-sama mengawasi pemilu maupun pemilihan.

Mendukung hal diatas Bawaslu Jawa Timur ingin menggugah kesadaran kritis kalangan mahasiswa dan organisasi kepemudaan ditingkatan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan SKPP selama 3 hari di kabupaten Gresik. Ada 76 peserta yang mewakili organisasinya selama 3 hari penih untuk belajar tentang sistem politik, sistem pemerintahan dan sistem pemilu di Indonesia, regulasi dan tahapan pemilu, pengawasan pemilu, advokasi media Analisa sosial (Ansos) dan beberapa materi pendukung lainnya.

Penyaji materi yang dipilih merupakan praktisi- praktisi yang ekpert dibidangnya, beberapa dari kalangan akademisi, praktisi riset, penyelenggara, jurnalis level Jawa Timur.

Salah satu materi utama yang ditekankan dalam SKPP ini adalah pentinya peserta paham akan fungsi pengawasan partisipatif dalam pemilu maupun pemilihan. Bagaimana peserta memahami pencegahan potensi pelanggaran merupakan hal penting untuk dilakukan oleh setiap orang. Pencegahan dapat dilakukan dengan memberikan informasi di medsos melalui update status tentang ajakan menolak politik uang, ajakan ikut mengawasi.

Peserta juga diajak bagaimana melakukan pengawasan di pilkada  2020, dengan cara melakukan pengawasan media sosial maupun pemgawasan langsung di TPS. Selain juga peserta dihimbau untuk memberikan informasi kepada pengawas dengan cara berani melaporkan atau minimal memberikan informasi ke pengawas melalui pesan SMS atau Whatsapp.

Melalui tiga langkah diatas, Cegah, Awasi dan Laporkan atau disingkat dengan CAL SKPP menjadi tageline di pengkaderan SKPP  Bawaslu Jawa Jatim di Asto Inn Gresik.  Bawaslu Jawa Timur mengundang 13 organisasi antara lain KOPRI PKC Jatim, DPD GMNI, DPD IMM, ANSORUNA Business School Jatim, KOHATI Jatim, JPPR, GMKI Jatim, KAMMI Jatim, KMHDI Jatim, FORSIS Jatim, PIR Jatim, IKA UMAHA Jatim dan LIRA Surabaya.