Tehnik Investigasi Dugaan Pelanggaran Pemilu | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

Tehnik Investigasi Dugaan Pelanggaran Pemilu

Jumat, 28 Agustus 2020

 

Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim malang Peserta Short Course Pengawasan Pemilu mengerjakan lembar kerja persiapan investigasi atas dugaan pelanggaran pemilu. (27/8/2020)


Alimmustofa.com -  Materi Short Course Pengawasan Pemilu tidak saja pada tataran teori pengawasan, pemetaan pelanggaran, akan tetapi untuk melatih peserta kursus agar lebih mendalami permasalahan pelanggaran, peserta juga diajak belajar materi investigasi secara teori dan praktika dengan lembar soal simulasi dari pemateri.


Alim Mustofa Koordinator Pengawasan Bawaslu Kota Malang menerangkan, pengenalan materi investigasi atas dugaan pelanggaran pemilu yang berasal dari informasi awal dari masyarakat. Simulasi ini diberikan sabagai pendalaman materi pengawasan kepada peserta short course, dengan harapan peserta paham betul terhadap jenis pelanggaran pemilu berikut upaya menggali informasi dugaan pelanggaran tersebut.


“ Meski ini program kursus singkat, kami berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan materi pengawasan agak lebih mendalam, salah satunya dengan mengenalkan peserta  pada materi investigasi pelanggaran, ” terang Alim.

" Investigasi adalah kegiatan pengawas pemilu dalam melakukan penelusuran atas informasi awal untuk menemukan peristiwa dugaan pelanggaran pemilu, tujuannya adalah menemukan alat bukti dan barang bukti, menemukan saksi kunci, mendalami syarat formil dan materiil, untuk memperoleh informasi rangkaian peristiwa," papar Asri Fansyuri MTD peserta short course yang juga Mahasiswa Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.


Adapun langkah langkahnya, menyiapkan tim dengan menunjukkan surat investigasi, membawa peralatan untuk melakukan wawancara, menemukan orang yng akan diwawancarai, membawa bukti awalan, menyiapkan materi dan daftar pertanyaan, Asri meneruskan keterangannya.


Peserta di berikan simulasi soal dugaan pelanggaran netralitas ASN kepada peserta atas kiriman informasi awal dari masyarakat melalui whatsapp. Berbekal materi yang diterima, peserta akan menyusun langkah kerja investigasi, mulai persiapan pembentukan tim investigasi, menyiapkan perangkatnya, menentukan orang yang akan dimintai keterangan, menyiapkan daftar pertanyaan, mengumpulkan bukti awal dugaan pelanggran dan lain-lain.


Editor    // ALIM MUSTOFA

Tautan // MALANGGUIDE