CARA PEMBELAJARAN ALA CAK BASORI | Alim Mustofa
Cari Berita

Advertisement

CARA PEMBELAJARAN ALA CAK BASORI

Kamis, 12 Maret 2020


Gaya Cak Basori Dalam Menyampaikan Materi di PKL GP.Ansor Pamekasan, di PP. Miftahul Qulub Palogan-Galis-Pamekasan.

Malangguide.com Pembelajaran Orang Dewasa (POD) memerlukan banyak strategi yang pas disesuaikan dengan kondisi peserta pelatihan. Apalagi jam pembelajaran disiang hari dimana peserta dalam kondisi jenuh, lelah dan ngantuk.

Jam paling melelahkan dan sangat berat bagi pelatih atau instruktur ketika menghadapi peserta yang lelah, jenuh ngantuk atau kehilangan konsentrasi. Pada posisi ini diperlukan keterampilan dari instruktur dalam mengawal dalam setiap sesi pelatihan.

Hal ini tercermin pada pelaksanaan Pelatihan Kempemimpinan Lanjutan (PKL) Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Pamekasan, 11 – 13 Maret 2020 di Pondok pesantren Miftahul Qulub Palogan Galis Pamekasan, mendekati waktu dhuhur, cak Basori  sebutan pemateri asal Nganjuk ini memiliki strategi yang tergolong unik. Dikatakan unik karena ketika Cak Basori mengetahui kondisi peserta mulai letih dan ngantuk, satu persatu pria asal nganjuk ini meminta peserta untuk berdiri didepan sambil diajak tanya jawab sesuai materi.
Keempat Peserta PKL Ansor di Ajak Diskusi Dihadapan Peserta  
Peserta diajak aktif memahami materi dengan cara semua berdiri dan berdiskusi sambil mencatat setiap materi yang disampaikan instruktur. Sesekali peserta di gojlok untuk memancing tawa, adakalanya ada peserta yang sedikit celometan kemudian diminta berdiri kemudian ditanya alasan mengikuti pelatihan.

Dengan gaya ini akhirnya rasa kantuk dan jenuh peserta mulai terkikis, gairah untuk mengikuti materi dengan nyaman dan gembira. (MGC)
Editor  : Alim Mustofa

Instruktur PKL Asal Nganjuk