Wayang Suket Di BAWASLU Kota Malang | Alim Mustofa
Cari Berita

Advertisement

Wayang Suket Di BAWASLU Kota Malang

Kamis, 17 Januari 2019



Alimmustofa.com – Kelompok Penghayat yang tergabung dalam Majelis Luhur Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Indonesia (MLKI) Jawa Timur gelar wayang suket di Bawaslu Kota Malang.

Dalam rangka mengsukseskan jalannya proses demokrasi dalam Pemilihan Umum yang nantinya dilaksanakan tanggal 17 April 2019, Bawaslu menggandeng para pihak terlibat sebagai pengawas partisipatif.

Salah satu pihak yang bersedia bekerjasama dengan Bawaslu Kota adalah MLKI Jawa Timur, dengan hadir dikantor Bawaslu yang beralamat di jalan Teluk Cendarwasih Nomor 1 RT.3 RW.3 Kelurahan Arjosari Malang, 14 januari 2019.

Gelaran wayang suket dengan membawakan lakon (judul) prasetyo negoro, ingin menyampaikan pesan luhur, yaitu mengajarkan bahwa dalam bernegara dan sebagai warga negara kita harus memiliki Tata Krama.

Pentingnya Tata Krama yang dijelaskan dalam pertunjukan wayang suket MLKI sangat cocok untuk diperlihatkan sebelum rangka pemilihan umum, dimana salah satu isinya mengenai Bekti Karo Gusti Pangeran atau Pangengeran dengan kata lain adalah pemimpinnya.

Dalam hal ini pemimpin yang dimaksud adalah pemimpin negara kita yang nantinya akan menjadi dan mengatur negara setelah proses demokrasi Pemilihan Umum dan pemilihan Presiden & Wakil Presiden selesai.

Alim Mustofa Ketua Bawaslu Kota Malang menyampaikan mengenai Politik Etika dan meminta berbagai macam pihak untuk aktif dan berpartisipasi dalam pesta demokrasi nanti.

“Bawaslu juga mengajak kepada MLKI untuk bersama-sama melakukan kegiatan Pengawasan Partisipatif dan sosialisasi melalui budaya agar masyarakat juga turut mengerti mengenai pentinganya pesta demokrasi," terang Alim.

“Hari ini dihadapan kita semua telah dilakukan penanda tanganan MOU antara Bawaslu dengan MLKI Jawa Timur, dengan kerjasama ini kita dapat  melakukan Pengawasan Partisipatif dan mensosialisasikan mengenai Politik Etik dan politik yang berbudi luhur”, lanjut Alim.

Pagelaran wayang suket ini dihadiri oleh anggota MLKI Malang Raya kurang lebih 50 orang, diakhir dengan kuis dengan hadiah wayang suket dari ki dalang yang merupakan salah satu anggota penghayat.

Penulis : Renaldi
Editor : A-Liem Tan