PANWASLU Berikan Catatan Soal Penetapan Daftar Pemilih | Alim Mustofa
Cari Berita

Advertisement

PANWASLU Berikan Catatan Soal Penetapan Daftar Pemilih

Alim Mustofa
Selasa, 24 Juli 2018


AlimMustofa.com - Sebulan pasca penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu, kini jumlah pemilih bertambah berdasarkan hasil masukan masukan masyarakat. Hal ini diketahui setelah penetapan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) di kantor KPU Kota Malang jalan Bantaran no.5, (minggu 22 Juli 2018).

Berdasarkan hasil rekapitulasi penetapan DPSHP di 5 kecamatan, Jumlah Daftar pemilih sementara (DPS) pemilu 2019 yang ditetapkan oleh KPU Kota Malang sebulan yang lalu bertambah 0,73 persen atau sekitar 4.499 pemilih.
Perubahan data tersebut meliputi pencoretan data pemilih yang tidak memenuhi syarat sebagaimana diatur dalam peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 11 Tahun 2018 Tentang Penyusunan Pemilih Di Dalam Negeri Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

Beberapa kategori tersebut meliputi pemilih meninggal dunia, Pindah domisili, pemilih tidak dikenal dan tambahan pemilih dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Tahun 2018.

Menurut Catatan Panwaslu Kota Malang, dari hasil Pencermatan DPS yang diterima ditemukan data pemilih NIK dan Nama Ganda sebanyak 5.643 Pemilih, NIK ganda sebanyak 4.878 Pemilih, NKK Invalid sebanyak 1.359 pemilih dan NIK Invalid 2.413 Pemilih selain itu juga ditemukan ribuan data NIK tidak singkron dengan tanggal lahir, NIK tidak singkron dengan jenis kelamin.

Alim Mustofa ketua Panwaslu menyampaikan “Beberapa catatan yang harus dilakukan oleh KPU Kota Malang beserta jajarannya adalah agar lebih teliti dalam melakukan perbaikan DPS, mengingat dari angka yang telah ditetapkan masih terdapat data ganda identik 3396 pemilih, ganda non identik 2.078 pemilih dan data bermasalah sekitar 1.800 pemilih. Perubahan berita acara paska pleno PPK agar dilengkapi kronologis perubahan yang disaksikan oleh partai politik,” ungkap Alim mantan Komisioner KPU Kota Malang ini.

Penulis/Editor: A-Liem Tan
Publiser: AamNh7