PERJALANAN SEORANG GADIS | Alim Mustofa -->

Yasmin Najla Khairunissa Mustofa

(Pulang Kampung)
BY; Yasmin

Ditengah kota aku sedang berjalan dengan pikiran kosong, aku berjalan tanpa arahan dari pikiran, tanpa sadar aku sudah berjalan sejauh 1 KM. Beberapa saat aku berhenti mengamati lelaki yang sedang mengotak atik handphonenya, dengan keberanian yang tinggi aku menghampirinya ‘’maaf tuan saya boleh bertanya apakah anda tahu jalan ini,’’ aku bertanya sambil menunjukan kertas alamat yang kupegang sedari tadi.

’oh jalan ini didepan sana ada pertigaan anda belok ke kanan  lalu di depan ada warung bakso kikil disebelahnya ada gang besar warna hijau anda masuk,’’  terimakasih pak, jawabku sambil berlalu.

Aku terus berjalan mengikuti arahan dari bapak yang tadi kutemui, Apa yang dikatakan bapak tadi itu benar ,didepan aku melihat pos kamling, disana ada segerumbulan bapak-bapak yang sedang bermain catur. aku melangkahkan kaki ku satu per satu tetapi pikiranku mengarah ke jalan yang salah, pikiranku malah mengarah  ke ibu-ibu yang sedang ngerumpi,  ‘’ ah lebih baik aku kesitu aja dari pada bertemu ke bapak-bapak disana nanti malah digoda,” Pikirku.

Saat aku sudah sampai di kerumunan ibu-ibu itu,  aku beranikan untuk bertanya  ‘’bu numpang tanya rumahnya pak alim dimana ya bu,’’.

‘’oh disana mbak rumahnya itu didepannya tegal jalan paving didepan itu masuk nanti kalua ga tau bisa tanya sama pedagang tua disana ‘’  jawab seorang ibu.

‘’terimakasih’’  jawabku sambil tersenyum
aku mengikuti arahan yang diberi ibu-ibu tadi ,aku melihat bu yuli disana sedang mengangkat telefon, saat aku hampiri tiba-tiba ia memeluk ku  ‘’nak kamu disini, kamu lama sudah tidak pulang mama rindu sama kamu, gimana di Sulawesi mama mau tau ayo kamu masuk,’’ aku memasuki rumah lamaku, “dulu aku meninggalkan rumah ini sekarang kita berjumapa lagi rumah,” aku berguman dalam hati. Sementara aku melihat kakakku sedang duduk sambil menonton tv

‘’ma dimana papa aku ingin bertemu’’  ucapku.

“ iya sebentar mama panggilkan dulu,” jawab mama.
‘’pa lama tak jumpa bagaimana kabar papa saat ini’’  papa menjawab ‘’kabar papa baik kok’’.

Perbincangan untuk melepas rasa kangen Bersama keluarga, canda tawa mengiringi  obrolan kami.  Saling cerita pengalaman selama berpisah memberikan kesan hangat dikeluargaku. Hari terus berlalu, tak terasa masa liburku yang hanya seminggu telah habis dan saatnya aku harus Kembali.

Setelah 5 hari aku menginap dan berkumpul,aku memisahkan diri dari mereka lagi karena aku mendapat telefon untuk Kembali ke Sulawesi dan berangkat ke Singapore
‘’ma, pa, kak, ras, aku berangkat dulu ya assallamualaikum’’  aku harus Kembali ke Sulawesi karena besok mulai kuliah lagi.

Sesaat aku menelfon temanku bernama dirgantara  ‘’aku mau berangkat kamu susul ya’’(bicara di telfon) KLIK DISINI

Aku merapikan barangku dan ku masukan ke dalam koper,  kuangkat sampai didepan gerbang,mobil hitam datang menghapiriku. aku langsung menaruh koperku di bagasi dan kuhempaskan tubuhku dipangkuan kursi mobil yang empuk sambil menikmati tiupan AC mobil.

‘’dirgantara kamu juga ada tugas ke Singapore kalau ada aku bersamamu saja ya’’ tanyaku pada Dirga temenku.
 Dengan  cepat Dirga menjawab ‘’ya, aku juga ada tugas kesana  kita bareng aja ya,”.

1/2 jam aku menikmati pemandangan dari dalam mobil sambil menikmati renyahnya snack yang ku beli  di Malang saat aku berkunjung ke rumahku dimalang

‘’yasmin sudah sampai di bandara ayo ambil barang-barangmu dan segera berangkat ,ayo cepat sebelum ketinggalan pesawat’’ perintah dari dirgantara dengan terburu-buru

‘’baiklah aku akan menggerakkan tubuhku dengan Gerakan cepat ‘’ bicara ku tegas sambil memberikan sikap hormat ,aku dan dirge tertawa terbahak karna sikapku ini

Aku terus berjalan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh papan  petunjuk,sambil berjalan kulihat pemandangan  bandara sorowako ,tiba-tiba dengan spontan Dirgan menarik tanganku untuk  duduk sambil menuggu pesawat

Beberapa saat kemudian panggilan dari kantor bandara  untuk segera mengantri masuk kedalam pesawat,kursiku  dengan kursi dirgantara berbeda, jadi aku tidak duduk disebelahnya

Melainkan aku duduk disebelah bule Prancis yang sedang menderita sakit

‘’excuse me sir you’re fine,’’  tanyaku  ‘’I am fine’’jawabnya ,pria ini tampaknya sakit gumamku aku mengangkat tangan kepada pramugari
’miss this person sick please take care’’
‘’oke’’jawab  pramugari itu

’thank you miss,may good repay you kidnees’’ ucapan terima kasihnya padaku

‘’tin tong the passengers are ready to get down the plane ting tong’’
Bel pesawat memanggilku untuk segera bersiap-siap dirgantara menyuruhku untuk siap-siap.

15 menit kemudian bel berbunyi lagi ‘’ting tong passengers are expected to get ready,’’ ditengah bersiap siap bule prancis Kembali menemuiku  ‘’sir,what’s up? You’re fine’’  bule menjawab ‘’yes I’m fine thanks to you once again thank you

Setelah aku menjawab semua yang dia bicarakan ,aku turun pesawat
Dan disinilah perjalananku berakhir

ORDER;REACH YOUR DREAM GOAL AND YOUR JOURNEY ,DON’T LET IT WASTE HIM

Cerita pendek ini ditulis oleh Yasmin kelas 5 SD di SDN Bunulrejo-Kota Malang, Ide cerita , original pikiran Yasmin.

Editor :  Alim Mustofa
Proses edit hanya untuk perbaikan kata dan kesinambungan narasi tanpa mengurangi pokok cerita