Workshop Pembelajaran Matematika Berbasis STEM di Era Intelegensi Semu Untuk Guru Matematika | Alim Mustofa
Cari Berita

Advertisement

Workshop Pembelajaran Matematika Berbasis STEM di Era Intelegensi Semu Untuk Guru Matematika

Kamis, 24 Oktober 2019



Terdapat 4 komponen yang harus dilakukan dalam pendekatan STEM. Keempat tersebut adalah Science, Technology, Engeneering, dan Mathematics.

1.        SCIENCE

bidang science, guru mampu mengarahkan siswa untuk menggunakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik adalah lima langkah. Kelima langkah tersebut adalah mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan. Mengamati merupakan metode yang mengutamakan kebermaknaan proses pembelajaran (meaningfull learning). Kegiatan belajar yang dilakukan dalam proses mengamati adalah membaca, mendengar, menyimak, melihat (tanpa atau dengan alat). Kompetensi yang dikembangkan adalah melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. 

Menanya merupakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan tentang informasi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik). Kompetensi yang dikembangkan adalah mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.

Mengumpulkan informasi/eksperimen merupakan kegiatan pembelajaran yang berupa eksperimen, membaca sumber lain selain buku teks, mengamati objek/kejadian/aktivitas, dan wawancara dengan narasumber. Kompetensi yang dikembangkan dalam proses mengumpulkan informasi/ eksperimen adalah mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Mengasosiasikan/mengolah informasi merupakan kegiatan pembelajaran yang berupa pengolahan informasi yang sudah dikumpulkan baik terbatas dari hasil kegiatan mengumpulkan/eksperimen maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi. Kompetensi yang dikembangkan dalam proses mengasosiasi/mengolah informasi adalah mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan.

Mengkomunikasikan merupakan kegiatan pembelajaran yang berupa menyampaikan hasil pengamatan, kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya. Kompetesi yang dikembangkan dalam tahapan mengkomunikasikan adalah mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan singkat dan jelas, dan mengembangkan kemampuan berbahasa yang baik dan benar.

2.        TECHNOLOGY

Dalam bidang technology, guru mampu mengarahkan siswa untuk mengkolaborasikan dalam penggunaan teknologi baik mengolah informasi maupun menyampaikan informasi yang diperoleh. Mengolah informasi merupakan kegiatan pembelajaran yang berupa pengolahan informasi yang sudah dikumpulkan baik terbatas dari hasil kegiatan mengumpulkan/eksperimen maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi. Kompetensi yang dikembangkan dalam proses mengasosiasi/mengolah informasi adalah mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan. Dengan menggunakan teknologi saat mengolah informasi dapat membantu siswa mengembangkan kompotensi dalam menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif. Begitu juga saat menyampaikan informasi, penggunaan teknologi akan membantu siswa memahami apa yang dipelajari siswa tersebut.

3.        ENGINEERING

Dalam bidang Engineering, guru mampu mengarahkan siswa untuk mengkolaborasikan hasil temuannya guna menciptakan suatu produk atau dapat pula mencari solusi-solusi yang tepat.  Siswa diharapkan mampu merancang suatu produk dari hasil belajar yang telah dilakukan.

4.        MATHEMATIC

Bidang Mathematic, guru mampu mengarahkan siswa untuk menggunakan pendekatan matematika dalam mengolah data yang didapat.

Publiser         : Alimmustofa.com